Cara Meningkatkan Produksi Getah Pohon Karet

Tanaman karet khususnya di wilayah Indonesia adalah salah satu tanaman perkebunan yang menyumbang cukup banyak untuk pendapatan devisa negara, namun kita masih kalah dengan negara lain itu yang sangat di sayang kan.

Di wilayah Indonesia umumnya perkebunan karet adalah perkebunan karet rakyat, hanya sedikit perusahaan yang mau membuka perkebunan karet. Oleh sebab itu produksi yang di hasilkan oleh kita bangsa Indonesia masih kalah dengan negara lain, karena rata - rata bibit yang di tanam bukan lah bibit unggulnya.

cara meningkatkan produksi getah karet


Saya juga sebenarnya adalah salah seorang dari para pekebun karet, saya menyukai karet karena tanaman ini bisa di padukan dengan tanaman lain dan juga akar tanaman ini tidak seperti kelapa sawit yang bisa merusak tanah dan rakus akan air. Di tempat saya Kalimantan tengah rata - rata masyarakat kecilnya menjadikan kebun karet sebagai mata pencariannya, kalau kelas menengah atas rata - rata menanam kelapa sawit.

Kali ini saya sebagai sesama para pekebun karet mau berbagi mengenai bagaimana cara meningkatkan produksi dari getah karet, baik itu dengan bahan yang alami mau pun menggunakan bahan kimia yang bisa di beli di toko perkebunan di kota kamu.

Cara mudah meningkatkan getah karet menggunakan ekstrak bawang merah

Bawang merah bukan hanya di enak di jadikan bumbu pelengkap di dapur, namun nyatanya bawang merah adalah sebuah tanaman umbi yang begitu baik untuk tanaman karena di dalam bawang merah terkandung bahan zat pengatur tumbuh atau ZPT yang berguna untuk merangsang pertumbuhan tanaman. Pada karet zat ZPT ini bisa berfungsi untuk merangsang produksi getah karet kalau produksi sudah mulai menurun, ada pun cara membuat bawang merah sebagai stimulan produksi getah karet maka simak di bawah ini !.

1. Siapkan bawang seperempat kilo untuk 1 Hektar kebun karet

Sediakan bawang merah sesuai dengan kebutuhan luas kebun kamu, lalu kupas bawang merah tersebut semua dan cuci bersih agar tidak ada benda asing ikut di produksi.

2. Blender bawang merah

Bawang merah yang sudah di kupas dan di cuci tadi bisa kamu blender sampai halus, kalau kamu tidak mau ribet bisa tumbuk saja sampai hancur namun resikonya mata kamu bisa berair.

3. Bawang merah di campur dengan Probiotik Tanaman

Bawang merah yang telah di haluskan tadi bisa kamu saring air sari nya menggunakan kain, dan sari bawang merah yang telah di dapat tadi bisa kamu campurkan dengan bahan Probiotik tanaman agar bisa di gunakan. Probiotik tanaman bisa kamu beli di toko perkebunan di dekat tempat kamu atau kamu buat sendiri cara nya lihat di "cara membuat probiotik tanaman".

Cara menggunakan bawang merah untuk meningkatkan produksi getah karet

Ekstrak bawang merah yang telah di campurkan dengan Probiotik tanaman tadi bisa langsung kamu aplikasikan ke tanaman karet kamu. Cara nya sangat mudah, pertama kamu kupas karet yang mengering pada bekas sadapan kamu kemarin, lalu kamu oleskan ekstrak bawang merah tadi menggunakan kuas lukis yang kecil pada bekas sadapan karet kamu kemarin yang telah di kupas karet keringnya.

Pengolesan bisa di ulangi sebanyak dua kali dalam satu bulan dan saat kamu mengoles, biar kan selama 1 hari penuh jangan di sadap dahulu.

Belum ada Komentar untuk "Cara Meningkatkan Produksi Getah Pohon Karet"

Posting Komentar

Jika ada pertanyaan, kritik atau saran. Jangan sungkan untuk berkomentar disini :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel