Belajar Memperbaiki Remot TV Tidak Berfungsi

Remote adalah bagian penting untuk kita baik itu AC, TV, bahkan kipas angin jaman sekarang sudah di lengkapi remot. Belajar memperbaiki remot Tv di rumah sebaiknya kamu pelajari karena siapa tahu masalahnya tidak begitu parah sehingga masih bisa di perbaiki sendirian di rumah, dari pada harus membeli remot baru yang cukup menguras kantong.

Beberapa Tahap Untuk Memperbaiki Remot TV Sendiri

Dalam postingan ini akan saya bahas mengenai beberapa langkah yang bisa kamu praktekkan di rumah untuk memperbaiki remot Tv secara mandiri. Ada pun alat yang harus kamu sediakan untuk memperbaiki remot tv adalah.
  1. Obeng Bintang Kecil (untuk membuka sekrup)
  2. Obeng Belah Kecil (untuk mencongkel bagian yang sulit di buka)
  3. Sikat gigi bekas (Membersihkan kalau ada korosi pada papan sirkuit)
  4. Alkohol (sebagai bahan pelebur korosi)
  5. Kaca pembesar (optional)
  6. Solder dan Timah
  7. Lem cepat kering (Alteco kalau ada kerusakan casing bisa di lem)
Beberapa alat di atas seperti lem, kaca pembesar, alkohol dan sikat gigi tidak harus ada ya, kalau tidak ada di rumah kamu bisa kamu akalin dengan alat atau bahan lainnya.

1. Pemeriksaan Daya Remot TV

Kalau baterai remot Tv memang sudah soak atau lemah maka mana bisa remot Tv berfungsi, oleh sebab itu dari pada bongkar - bongkar yang tidak pasti, mending kita cek apakah baterai berfungsi atau sudah lemah.

2. Melepaskan Casing Remot TV

Jika baterai ternyata masih bagus maka kita bisa melakukan pembongkaran remot Tv, buka semua sekrup yang ada di sana dan jika susah dalam membukanya walau sekrup sudah semua di buka maka bisa kamu coba congkel secara perlahan pada bagian pinggir remot menggunakan obeng belah.

3. Ambil Gambar Dalaman Remot Sebelum Di Periksa

Hampir di semua bidang perbaikan, jika kamu tidak biasa menanganinya maka sangat di sarankan mengambil gambar dari benda tersebut sebelum di bongkar. Remot Tv yang rusak juga harus kamu foto itu pas casing sudah terbuka agar nantinya kamu tidak binggung ketika ingin memasangkan nya kembali.

4. Pisahkan Semua Bagian Remot

Mengambil gambar sudah di lakukan, maka tahap ini kamu hanya perlu untuk melepaskan bagian - bagian dari remot tv yang rusak. Entah itu tombol nya, terminal baterainya, dan papan sirkuit tombol remot nya. Bagian seperti tombol bisa kamu cuci sampai bersih, karena biasanya ada banyak kotoran disana setelah pemakaian beberapa tahun lamanya.

Memisahkan bagian remot tv yang rusak
via - instructables.com

5. Check Semua Komponen Remot TV

Semua bagian sudah di pisahkan, maka sekarang kamu bisa periksa satu persatu bagian komponen remote Tv yang rusak ada pada bagian apanya. Mulai lah mengecheck area terminal baterai apakah ada kabel atau kawat yang putus, check bagian papan sirkuit apakah ada korosi atau sesuatu yang putus dan tidak lupa check lampu infrared nya apakah bagian itu aman saja semua socket sambungannya.

6. Memperbaiki Papan Sirkuit Remot TV

Banyak kasus yang terjadi pada masalah remot Tv yang rusak, sebagian tombol tidak berfungsi atau semua tombol tidak berfungsi penyebab nya ada pada bagian papan sirkuit ini. Oleh sebab itu coba cek secara menyeluruh bagian papan sirkuit remot tv yang rusak, apakah ada korosi atau putusnya kawat solder terminal baterai ke papan sirkuit. Jika kamu menemukan kerusakaan pada papan sirkuit pada remot TV maka bisa kamu coba bersihkan dahulu jika disana ada korosi dengan menggunakan alkohol dan sikat perlahan menggunakan sikat gigi tadi.

Setelah semuanya bersih kamu bisa langsung mencoba melakukan penyolderan menggunakan solder yang telah tersedia. Papan sirkuit biasanya sangat kecil maka kamu bisa menggunakan kaca pembesar ketika melakukan penyolderan dengan timah.

Perbaikan remot tv
via: instructables.com

7. Pasangkan Kembali Semua Komponen Remot TV

Kamu sudah yakin akan semua komponen telah di cek dan di perbaiki, kamu langsung saja memasang kembali semua komponen yang terpisah tadi jika kamu lupa susunan dari komponen tadi bisa kamu lihat gambar sebelum di bongkar tadi.

8. Coba Gunakan Remot TV

Remote Tv yang rusak sudah di perbaiki dan di rakit kembali maka seharusnya sudah bisa berfungsi normal. Kamu pasangkan baterai dan coba tekan tombol yang ada apakah berfungsi ? Jika berfungsi berarti kamu berhasil.

9. Periksa Kembali Remot TV

Perbaikan remote Tv rusak tidak berhasil ? maka kamu bisa lihat bagian IR (bagian yang seperti bohlam di bagian atas remot) coba kamu tutup pakai tangan bagian atas remot Tv kamu dan lihat apakah lampu IR tersebut menyala ?. Jika tidak berarti bisa itu yang bermasalah walau jarang terjadi kalau sudah IR rusak kamu terpaksa harus mencari IR baru entah membeli atau kamu mengambil IR dari remot TV orang lain yang rusak, baru kamu solder kembali ke papan sirkuit remot kamu.

Bagaimana pendapat kamu mengenai cara memperbaiki remot Tv yang rusak, apakah terlalu sulit untuk di praktekkan sendiri. Kalau menurut saya itu cukup mudah dan bisa kamu coba sendiri, kalau gagal sekali itu biasa karena manusia jatuh berkali - kali saat belajar berdiri. Lagi pula cara ini tidak hanya bisa di aplikasikan di remot tv saja, namun remot AC yang rusak dan remot lainnya bisa kamu coba perbaiki dengan cara ini.
Kedy Pribadi yang sederhana. Bekerja apa saja yang penting itu diberkati Tuhan. Aktif menulis di situs Agribisnis dan Kerohanian. Menulis tidak membuat saya kaya, namun membantu orang lain lewat tulisan adalah sebuah keistimewaan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel