Pengertian Pencemaran Lingkungan dan Cara Mengatasinya

Pencemaran lingkungan adalah kegiatan manusia yang menambahkan zat baik itu padat, cair atau gas ke alam bebas. Pencemaran lingkungan selanjutnya akan membuat sebuah polusi, dimana polusi adalah dimana alam tidak dapat memproses atau menguraikan zat yang di buat manusia, baik itu zat padat, cair atau pun gas.

Akibat Pencemaran Lingkungan

Pencemaran lingkungan tadi yang sudah menyebabkan polusi akan berakibat kepada kehidupan semua mahluk di Bumi ini, Bumi akan hancur selambat - lambatnya jika pencemaran lingkungan tidak di atasi dari sekarang. Untuk lebih jelas simak bagaimana semua mahluk hidup menerima akibat dari pencemaran lingkungan.

Dampak Pencemaran Lingkungan Pada Manusia

Pada manusia akan banyak sekali efek dari ulah manusia ini sendiri, manusia bisa sangat rentan terkena berbagai macam penyakit seperti diare, asma, kanker, infeksi saluran pernapasan dan banyak lagi berbagai penyakit yang bisa dengan mudah menyerang kita. Jika kamu tinggal di daerah kota seperti Jakarta atau tinggal di daerah dekat area seperti pembangkit listrik yang menggunakan batu bara untuk pembakaran tentu masalah dengan pernapasan khususnya akan sangat rentan.

Dampak Pencemaran Lingkungan Pada Hewan

Walau hewan bukan pelaku dari kehancuran lingkungan, namun mereka akan merasakan dampak sangat besar. Mungkin kamu pernah melihat ribuan ikan mati di laut dalam tayangan televisi, itu adalah salah satu akibat pencemaran lingkungan yang membuat mereka mati secara bersamaan. Selain itu Hewan yang hidup di daratan akan kehabisan hutan akibat dari habisnya habitat mereka dan terpaksa mereka masuk ke wilayah manusia, walau akhirnya mereka biasanya akan di musnahkan ketika memasuki pemungkinan penduduk.

Dampak Pencemaran Lingkungan Pada Tanaman

Tentu sebagai salah satu dari mahluk hidup yang mendiami Bumi ini, tanaman pun akan merasakan dampak langsung karena pencemaran ini. Hujan asam yang di akibatkan pertemuan uap air dan gas pembentuk asam ini biasanya di akibatkan oleh pabrik - pabrik industri. Akibat dari hujan asam ini dapat dengan mudah menghancurkan pepohonan.

Cara Mengatasi Pencemaran Lingkungan

Pencemaran lingkungan 90 persen adalah perbuatan dari manusia, oleh sebab itu kita bisa menghentikan pencemaran lingkungan dengan beberapa cara.
  • Mengurangi penggunaan bahan bakar fosil seperti minyak, gas atau pun batu bara.
  • Membuang sampah pada tempatnya.
  • Memisahkan antara sampah plastik, besi dengan sampah organik.
  • Mengurangi penggunaan racun dalam usaha bercocok tanam dan lebih mengutamakan yang organik.
  • Mulai lah dari sekarang.
Salah satu penyumbang pencemaran terbesar memang dari pembakaran bahan bakar fosil untuk mengerakkan mesin industri atau mesin kendaraan kamu. Oleh sebab itu mari kita kurangi semua pencemaran lingkungan dan bisa kamu mulai dari sekarang.
Kedy Pribadi yang sederhana. Bekerja apa saja yang penting itu diberkati Tuhan. Aktif menulis di situs Agribisnis dan Kerohanian. Menulis tidak membuat saya kaya, namun membantu orang lain lewat tulisan adalah sebuah keistimewaan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel