Penyebab Aki Motor Cepat Soak

Aki motor kamu cepat soak atau ngedrop adalah hal yang sangat menjengkelkan pastinya, terutama bagi para pengguna motor jenis matic, yang mengharuskan stand motor tengah di turunkan agar bisa di engkol.

Seperti kata pepatah mencegah lebih baik dari pada mengobati, maka oleh sebab itu mari kita cari apa saja faktor penyebab aki cepat soak.

Beberapa Penyebab Baterai Cepat Soak

Umumnya baterai sebuah sepeda motor untuk yang harga murah saja bisa bertahan sampai 1 tahun lebih, ini pengalaman saya membeli aki motor dari merk tidak terkenal. Kalau merk terkenal atau merk rekomendasi dari dealer malah bisa lebih lama lagi untuk tipe aki kering.

1. Terlalu Banyak Aksesoris

Nah jika sampai aki sepeda motor kamu cepat soak bisa jadi masalah nya adalah aksesoris tambahan terlalu banyak, mungkin kamu memasang aksesoris tambahan terlalu ramai di sepeda motor kamu.

Saran jangan terlalu banyak menggunakan aksesoris karena nanti daya akan cepat terkuras. Apa lagi jika kamu jarang berpergian jauh maka konsumsi daya baterai lebih banyak dari pada daya yang di isi.

2. Kiprok Sepeda Motor Bermasalah

kiprok berguna agar aki tidak cepat soak

Aki motor kamu baru di beli tiga bulan yang lalu namun sudah soak saja ?, nah bisa jadi itu adalah masalah dari Kiprok motor kamu sudah rusak.

Kiprok pada sebuah sepeda motor berguna sebagai penstabil arus yang masuk ke dalam aki, kamu sudah tahu kan bahwa sepeda motor itu bisa ngecas aki nya otomatis di saat kamu jalan. 

Saat sepeda motor kamu hidup maka coil pada sepeda motor kamu akan menghasilkan arus listrik AC dan arus tersebut tidak bisa langsung digunakan untuk mengecas aki kamu, namun harus melewati Kiprok dahulu agar voltase yang masuk sesuai dengan spesifikasi aki kamu. Jika terlalu besar maka baterai bisa overcharger dan kalau terlalu kecil maka tidak akan berguna itu pengecasannya.

Kalau ciri - ciri motor kamu baru 3 bulan sudah drop saja, maka kamu bisa bawa ke bengkel dan suruh mekanik bengkel gunakan Multitester mengecek tegangan dari kiprok.

3. Masalah Kabel Ground Aki

Kabel ground tentu pada setiap rangkaian listrik harus ada untuk mencegah arus lain yang masuk ke dalam rangkaian kelistrikan kamu.

Baterai soak nyatanya bisa di sebabkan oleh kabel ground dari baterai ke frame body sepeda motor kamu terlepas atau sudah berkarat, maka sebaiknya kamu bisa memeriksa bagian ground ini.

Kabel ground sepeda motor

4. Kabel Kepala Baterai Longgar Atau Berkarat

Ada dua kabel di kepala baterai yaitu kabel merah (Positif) dan kabel hitam (Negatif). Dari pengalaman saya sendiri, baterai saya cepat drop karena kondisi kabel tersebut longgar, kelistrikan memang hidup saja di motor saya namun ketika mengisi mungkin karena tidak kencang kabelnya terpasang maka arus masuk pun tidak sesuai.

5. Alternator Sepeda Motor Bermasalah

Seperti yang saya katakan sebelumnya, sepeda motor disaat hidup maka arus listrik akan tercipta dari alternator untuk mengisi daya baterai kamu.

Namun apa jadinya jika alternator kamu bermasalah, tentu baterai tidak akan terisi dan tentu baterai kamu cepat soak. Untuk mengetahui hal tersebut lebih baik bawa ke bengkel yang paham betul dengan listrik pada sepeda motor, agar mereka bisa mengecheck dengan benar apakah alternator bermasalah.

Itu lah kelima penyebab baterai pada sepeda motor cepat soak, semoga kamu bisa terbantu dalam memecahkan masalahnya. Jika ada tambahan maka jangan sungkan untuk berkomentar.
Kedy Pribadi yang sederhana. Bekerja apa saja yang penting itu diberkati Tuhan. Aktif menulis di situs Agribisnis dan Kerohanian. Menulis tidak membuat saya kaya, namun membantu orang lain lewat tulisan adalah sebuah keistimewaan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel