Mengenal Listrik Statis Dan Manfaatnya

Listrik statis adalah energi listrik yang tercipta karena adanya gosokan antara dua buah benda. Ketika dua buah benda di gosokan maka kedua benda tersebut akan memiliki muatan nya masing - masing, benda satu akan memiliki muatan positif dan benda lainnya akan bermuatan negatif.

Proses Terjadinya Listrik Statis


proses terjadinya listrik statis


Gambar di atas terdiri dari dua buah benda, yang hitam adalah plastik sama seperti penggaris dan yang berwarna abu - abu adalah benang wol. Ketika plastik dan wol tersebut kamu gosok maka kedua benda tersebut akan memiliki muatan nya sendiri, plastik akan bermuatan negatif dan wol akan bermuatan positif.

Namun ketika kamu dekatkan dengan kertas maka dia akan menarik kertas karena dia melepaskan muatan nya kepada kertas.

Oleh karena itu penangkal petir di buat adalah untuk menyalurkan muatan listrik yang ada di dalam awan karena gesekan mereka dan penangkal petir berguna untuk menangkap energi tersebut untuk di netralkan ke tanah.

Manfaat Listrik Statis

Sekilas tidak ada manfaatnya sama sekali dari listrik statis ini, kita tidak bisa mengecas HP dengan cara mengosokan casingnya di lantai atau di rambut, kita tidak bisa menghidupkan kipas angin dengan sambaran petir.

Namun nyatanya listrik statis sangat berpengaruh dengan kehidupan kita lo, termasuk untuk perkembangan teknologi. 

Salah satu contoh penggunaan listrik statis di kehidupan kita adalah mesin fotocopy, listrik statis digunakan untuk mengumpulkan tinta pada drum dan menyemprotkan nya ke kertas.

listrik statis dalam kehidupan

Begitu lah kurang lebih mengenai apa itu listrik statis serta kegunaan nya untuk kehidupan manusia.
Kedy Pribadi yang sederhana. Bekerja apa saja yang penting itu diberkati Tuhan. Aktif menulis di situs Agribisnis dan Kerohanian. Menulis tidak membuat saya kaya, namun membantu orang lain lewat tulisan adalah sebuah keistimewaan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel