Cara Mudah Membuat Daftar Isi Dengan Microsoft Word

Membuat daftar isi bisa jadi pekerjaan yang melelahkan, khususnya membuat titik - titik yang panjang akan sangat mengesalkan jika harus di tulis secara manual.

Saya sudah melihat bahwa di internet ada banyak tutorial mengenai cara membuat daftar isi, namun tampaknya semua yang ada di sana menjelaskan cara membuat daftar isi untuk para profesional dalam menulis.

Di situs Unrang saya akan bagikan cara membuat daftar isi yang lebih praktis, cocok buat anak SMP atau SMA yang lagi ada tugas membuat makalah atau karya tulis lainnya.

Cara Praktis Membuat Daftar Isi Menggunakan Microsoft Word

Dalam tutorial ini saya menggunakan Microsoft Word 2007 namun akan sama saja tampilannya dengan Microsoft Word 2010.

  • Pertama buka aplikasi Word nya dan buat dokumen baru, lalu buat judul daftar isi namanya.
membuat daftar isi di microsoft word

  • Selanjutnya klik pada Toolbar pilih menu "View" dan pilih "Ruler" untuk menampilkan garis ukuran di Word.
memunculkan ruler

  • Baik Ruler sudah bisa tampil maka selanjutnya kamu buat "Right tabs" untuk membuat daftar isi dengan mudah dan praktis nantinya. Klik pada bagian kotak merah yang saya buat untuk menggantinya menjadi "Right Tabs".
membuat daftar isi menggunakan right tabs

  • Right tabs sudah aktif, maka kamu klik pada Ruller bagian atas kamu ingin nomor daftar isi kamu sampai mana nantinya. Punya saya dalam gambar di bawah saya taruh Right tabs nya pada angka 16.

  • Right tabs sudah di pasang seperti punya saya di gambar atas ?. Kalau sudah lanjut klik dua kali pada Right tabs yang kamu taruh di atas tadi. Nanti akan muncul opsi "Tabs Stop" nah kamu pilih gaya apa nanti yang akan keluar, namun biasanya daftar isi menggunakan yang titik - titik, seperti yang saya kasih lingkaran kuning dalam gambar.
Style daftar isi di Word

  • Jika sudah di setting sesuai instruksi saya, sekarang membuat konten daftar isinya dan kemudian tekan Tab pada keyboard Laptop/Komputer kamu agar garis titik - titik nya muncul.
Membuat daftar isi dengan mudah

Bagaimana tentu adik - adik dari SMP atau SMA bisa dong, masa kalah sama yang tua hehehe... Sebenarnya fitur tabs itu bukan hanya untuk membuat daftar isi, namun untuk membuat tanda tangan juga bisa agar dia terlihat rapi.

membuat daftar isi

Gambar di atas adalah bonus mengenai cara penggunaan fitur tab pada ruler di Microsoft Word, jangan lupa share sama teman kamu di Facebook atau Whatsapp agar mereka belajar juga.
Kedy INTJ Personality - Seperti secangkir kopi yang pahit, namun kamu tetap menyukainya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel