Melakukan Setting Untuk Blog Baru

Setting untuk blog baru disini maksud saya adalah memulai mengatur beberapa elemen penting buat blog kamu agar nantinya blog kamu bisa dengan cepat di tampilkan di dalam pencarian Google search engine.

Kalau situs kamu di setting dengan benar maka nantinya Google lebih mudah mengenali Blog kamu dan tahu bahwa situs kamu itu sebenarnya membahas apa saja, apakah boleh Google menampilkan blog kamu di dalam pencarian nya dan hal lain nya yang akan membuat Blog kamu semakin populer.

Cara Mengatur Blog Baru Untuk Pemula

Pertama kamu harus membuka dasbor Blogger.com dan pilih pada menu Settings.

Melakukan setting untuk blog baru


Setting Basic Blog Baru di Blogger

Saat kamu melakukan klik pada Settings maka otomatis halaman pertama adalah bagian Basic Settings.

Settingan basic blog baru

Gambar di atas sudah saya berikan nomor dan yang tidak saya berikan nomor adalah bagian yang bisa kamu lewati saja.
  1. Title - Ini adalah nama Blog yang akan tampil pada situs kamu, misalkan situs saya sedang kamu baca ini Titlenya adalah UNRANG.
  2. Description - Bahasa Indonesia nya sama saja dengan deskripsi, ini menjelaskan kepada para pembaca kamu bahwa situs yang kamu buat itu untuk membagikan apa, jika kamu misalnya membahas memancing maka kamu bisa tulis deskripsi kurang lebih seperti "Informasi mengenai hobi memancing baik di laut atau pun di sungai".
  3. Privacy - Privasi yang di maksud disini adalah tempat kamu bisa memilih situs kamu ini apakah bisa di indeks oleh search engine atau tidak, indeks maksudnya situs kamu akan di tampilkan jika ada pencarian yang sesuai dengan isi postingan kamu. Jika kamu memilih tidak maka Google atau pun search engine lain seperti Yandex, Bing dll tidak bisa menemukan situs kamu di pencarian.
  4. HTTPS - Sebenarnya opsi ini optional saja jika situs kita tidak ada form login dan transaksi lainnya, namun karena ini gratis dan akan membuat situs lebih ramah di mata Google maka kamu pilih saja Yes.

Setting Posts, Comments and Sharing

Setingan posts, comments and sharing

Kamu sudah menyelesaikan pengaturan pada Basic setting tadi, maka selanjutnya ini adalah tempat dimana kamu bisa mengatur postingan, komentar dan bagaimana cara para pengunjung bisa membagikan postingan kamu ke media sosial, namun sama seperti di atas hanya beberapa saja yang saya anggap perlu kamu ubah di antaranya.
  1. Show at most - Maksudnya disini adalah bagaimana kamu ingin menampilkan berapa postingan pada halaman depan blog kamu, jika kamu buat lima maka akan tampil lima postingan terbaru pada halaman depan Blog kamu. Maksud halaman depan itu adalah alamat url situs awal kamu, seperti situs ini halaman depan nya adalah unrang.blogspot.com dan postingan yang saya tampilkan pada halaman depan adalah 4 postingan karena saya tidak ingin situs ini berat ketika di akses oleh para pembaca.
  2. Who can comment - Disini maksudnya adalah siapa saja yang boleh berkomentar pada halaman situs kamu, apakah semua orang (Anyone), apakah hanya pengguna Google (User with Google Accounts) atau hanya para pengikut situs kamu saja. Saran saya pilih lah pada User with Google Account karena hampir semua pengguna internet tentu saja memiliki akun Google.
  3. Comment Moderation -  Saya sangat menyarankan kamu memilih opsi pada Always, karena jika kamu memilih Always maka nanti setiap ada komentar baru di situs kamu, kamu bisa memilih komentar tersebut bisa di tampilkan atau tidak pada situs kamu. Cara ini untuk mencegah orang lain berkomentar tidak pantas atau tidak sesuai norma yang sangat menganggu pembaca lainnya di Blog kamu.
  4. Show word verification - Jika kamu memilih opsi Yes maka nanti setiap ada pembaca yang ingin berkomentar pada postingan kamu di haruskan menebak sebuah gambar dan jika mereka berhasil maka komentar mereka baru bisa terkirim. Guna nya Word verification ini adalah mencegah robot yang berkomentar secara acak. Ingat di internet itu ada robot jahat yang bisa menghancurkan situs kamu.

Setting Search Preferences Blog Baru

Di halaman setting search preferences ini adalah tempat dimana kamu bisa mengatur bagaimana cara Google melakukan indeks pada Blog kamu. Ingat bahwa situs kamu tidak bisa langsung di temukan di pencarian Google karena semuanya butuh waktu dan kamu bisa berkomunikasi dengan Robots Google yang bertugas mengambil data Blog kamu melalui setting search preferences ini.


Saya hanya merekomendasikan kamu mengubah satu pilihan saja disini, karena untuk pilihan yang lain itu akan di jelaskan lebih mendetail di postingan lain.
  1. Description - Kamu pasti binggung kenapa ada dua pengaturan deskripsi di halaman pengaturan Blogger ?. Jawabannya adalah halaman pengaturan Description yang ada di Basic settings tadi adalah deskripsi yang di lihat manusia atau pengunjung situs kamu, sedangkan yang ada di search preferences ini adalah description yang akan di baca oleh Robot Google atau mesin pencari lainnya. Jadi kamu harus menjelaskan dengan jelas apa saja yang akan menjadi bahan topik utama penulisan di Blog kamu.
Bagi kamu pemilik situs baru pada Google maka itu saja yang harus kamu ubah saya rasa untuk tahap pertama, karena dengan menuliskan deskripsi akan berguna memberitahu Google apa tujuan dari situs yang kamu buat.

Sekian dari saya mengenai cara melakukan setting untuk Blog baru dan nanti saya akan menuliskan kembali postingan mengenai Blog untuk pemula.
Kedy Pribadi yang sederhana. Bekerja apa saja yang penting itu diberkati Tuhan. Aktif menulis di situs Agribisnis dan Kerohanian. Menulis tidak membuat saya kaya, namun membantu orang lain lewat tulisan adalah sebuah keistimewaan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel