Cara Menulis Blog Yang Baik dan Benar

Menulis blog yang baik dan benar ini saya tuliskan sebagai bagian dari postingan saya yang "Cara membuat blog di Blogger".

Baik di dalam postingan ini pembahasan saya adalah bagaimana menjadi penulis yang baik bagi Kamu yang sedang ingin membangun sebuah Blog.

Saya akan mengulang pelajaran Kamu di waktu SD tentang menggunakan tanda baca yang baik dan benar, serta saya akan memberikan kamu tips untuk menulis Blog yang benar agar lebih mudah di pahami oleh robot search engine.

Menulis Judul Postingan Blog Yang Baik dan Benar

Pertama kita akan membahas bagaimana cara menuliskan Judul Postingan, karena semua judul postingan tentu akan menjadi awalan yang akan di baca oleh para calon pembaca situs kamu, ketika mereka mencari sesuatu melalui Google.
  • Beberapa aturan dalam membuat judul postingan adalah.
  1. Jangan mengecohkan para pembaca dengan judul postingan yang tidak sesuai dengan isi.
  2. Gunakan huruf kapital di setiap awal kalimat, kecuali untuk kata partikel (apa itu kata partikel).
  3. Masukan kata kunci ke dalam judul postingan Kamu. (Kata kunci adalah sebuah kata yang di gunakan oleh orang lain untuk menemukan postingan kamu, contoh: Facebook kamu ketik di Google maka akan muncul lah Facebook.com begitu lah kurang lebih).
Itu adalah aturan dalam membuat judul postingan pada blog Kamu, jangan sampai tulisan kamu tidak ada yang membaca karena kamu tidak bisa menuliskan judul yang baik dan benar.

Menulis Isi Dari Artikel Blog Yang Baik dan Benar

Kalau dengan menggunakan judul postingan kita gunakan untuk menarik para pembaca serta memberitahu robot Google mengenai apa isi dari postingan. 

Maka di dalam menulis Blog kita juga harus bisa menyajikan informasi yang bermanfaat serta menggunakan huruf kapital dan tanda baca yang benar, agar pembaca kita betah dan tidak pusing harus memahami apa inti dari postingan yang kamu buat.

Untuk lebih jelas mengenai penggunaan huruf kapital dan tanda baca kamu bisa baca di situs itu.

Menggunakan Toolbar Post Editor Blooger Yang Benar

Agar bisa memberikan gaya penulisan yang baik, di situs Blogger sudah tersedia toolbar post editor yang cukup lengkap untuk menunjang aktivitas kamu menulis blog.

Menulis blog yang baik dan benar

Gambar di atas sudah saya berikan nomor urutannya, fungsi dari semua yang ada di toolbar post editor itu adalah.
  1. Untuk mengganti jenis font yang akan Kamu tulis dalam postingan Kamu.
  2. Mengubah ukuran font dari kecil sampai menjadi besar.
  3. Fitur Heading namanya dan ini penting untuk membuat postingan yang ramah untuk robot search engine Google, dengan menggunakan heading Kamu bisa memberitahukan mesin pencari seperti Google mengenai sub judul dari postingan kamu. Ingin melihat contoh Heading ? Itu lihat saja tulisan saya yang berwarna hitam tebal dan besar di atas.
  4. Dalam satu kolom di nomor empat ini adalah tempat, kamu bisa mengubah tulisan menjadi tebal, miring, bergaris bawah, bercoret tengah, merubah warna teks dan merubah warna background teks. Jika Kamu sering menggunakan Microsoft word maka itu kurang lebih sama.
  5. Blok nomor lima ini kamu bisa memasukan sebuah alamat link aktif yang bisa di klik oleh pembaca Blog kamu. Selain itu ada tempat Kamu memasukan foto, video, emotion, dan page break pada postingan blog Kamu.
  6. Yang nomor enam ini adalah tempat dimana Kamu bisa mengatur jenis paragraf postingan Kamu, ada rata kiri, rata kanan dan rata tengah. Selain itu ada tempat Kamu bisa memasukan bullet atau nomor otomatis pada isi postingan Kamu. Untuk yang tanda kutip adalah sebuah tempat bagi Kamu yang ingin mengutip kalimat penting di dalam postingan Kamu.
Itulah beberapa fungsi yang ada pada toolbar post editor Blogger, kamu bisa mencobanya satu persatu kalau kamu penasaran.

Menggunakan Post Setting Di Blogger

Jika kamu memperhatikan di sebelah kanan layar ketika menulis sebuah postingan, maka Kamu akan melihat bagian Post Setting.

Apa saja kegunaan menu yang ada pada post setting, di antaranya.
  • Labels
Kamu lihat ada tulisan label pada bagian pertama post setting, kegunaan label adalah untuk menyortir jenis postingan kamu. Contoh situs ini ketika menulis tentang Blog maka saya masukan ke dalam label yang saya beri nama Blogging, kamu klik saja menu Blogging pada menu situs ini maka semua tentang dunia blog lah yang ada.
  • Schedule
Schedule adalah tempat dimana Kamu bisa mengatur waktu kapan postingan kamu tersebut di tulis, namun saran saya fitur schedule ini biarkan saja default tidak usah di ganggu.
  • Links
Nah kalau yang ini penting dan kamu perlu mengubah pada pilihan Title Link, gunanya untuk memasukan kata kunci postingan kamu. Kamu klik pada Permalink lalu pilih Custom Permalink, tuliskan kata kunci postingan kamu pada kotak custom permalink tersebut dan gunakan tanda "-" untuk memisahkan setiap kata.
  • Search Description
Location saya lewati saja karena tidak begitu berpengaruh. Di sini langsung pada bagian Search Description, yang gunanya untuk menampilkan deskripsi singkat dari isi postingan kamu. Caranya kamu klik Search Description dan tulis dengan kata yang mewakili semua isi postingan kamu.

Deskripsi blog

Saya rasa cukup itu untuk menuliskan postingan blog yang baik dan benar, serta memperkenalkan apa saja yang ada pada post editor Blogger di sertai fungsinya.

Bagi kamu yang sudah mengikuti tulisan saya dari cara membuat Blog di Blogger, maka tahap selanjutnya kamu harus belajar mengenai SEO sebelum membuat situs kamu menghasilkan uang.

Saya sudah mengajarkan mengenai cara merubah tampilan situs, melakukan setting dasar blog, membuat postingan yang baik, selanjutnya kamu belajar mengenai SEO di situs resmi Bantuan Search Console yang di tuliskan resmi oleh Google.

Bukan karena saya malas menulis mengenai SEO namun saya ingin kamu belajar lebih baik langsung dari search consolenya, saya pun masih pemula kalau untuk ilmu SEO.
Kedy INTJ Personality - Seperti secangkir kopi yang pahit, namun kamu tetap menyukainya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel