Cara Mengganti Template Blog Dengan Mudah

Mengganti template di Blogger sebenarnya sangat mudah, namun saya tahu bagaimana rasanya menjadi seorang pemula tentu saja butuh pembelajaran walau sekedar untuk mengganti template Blog.

Sebenarnya postingan ini adalah sambungan dari postingan saya kemarin mengenai cara mudah membuat Blog di Blogger. Sebagai tanggung jawab saya mengajak orang lain maka saya akan mengajarkan bagaimana cara mengganti template sebuah Blog di Blogger.com.

Pertama kamu harus tahu apa itu template, template adalah sebuah tema atau antarmuka dari Blog kita. Sama halnya jika kamu mengunjungi situs saya maka kamu melihat template yang saya miliki dengan warna khas biru laut, nah untuk menampilkan template/tampilan seperti punya saya ini kamu pun sangat bisa.

Cara Mengganti Template Blog Untuk Blogger

1. Mendownload Template Blog

Karena tampilan dari template Blogger hanya sedikit dan kurang kekinian maka kamu bisa mendownload template yang lebih menarik, salah satu situs yang menyediakan template gratis ada di Btemplates disitu ada banyak template yang mungkin saja kamu suka.

Namun karena ini untuk belajar maka kamu download template yang sudah saya sediakan ini, agar belajar mengganti templatenya lebih mudah Download Alexis Template.

2. Mengganti Template Blog Dengan yang Baru

Template Alexis yang sudah saya sediakan tadi kamu ekstrak terlebih dahulu di Komputer, karena nanti hanya satu file yang kita gunakan maka harus kamu ekstrak dengan aplikasi seperti winrar.

Kalau sudah selesai ekstrak file template tadi, maka sekarang kamu buka Dasbor Blogger.com, di halaman menu Dasbor ini kamu pilih menu "Theme".

Di dalam Theme kamu pilih Backup / Restore.

mengganti template blogger

Selanjutnya kamu klik "Pilih File" file yang di maksud disini adalah file template yang sudah kamu ekstrak tadi.

Upload file template di Blogger

Kamu klik pada file template yang sudah kamu ekstrak tadi, namun kamu pilih file yang berekstensi XML karena itulah file dari templatenya dan klik Upload jika file telah di pilih.

File XML Template Blogger

Jika sudah kamu klik Upload tadi maka situs kamu sudah berubah tampilan jadi lebih menarik.

3. Mengganti Atau Mengedit Menu Template Blog

Tapi setelah di lihat ada yang salah bukan dengan tampilan template ini, kesalahan nya tentu saja ada pada navigasi bar yang terletak di bagian atas. Di sana ada menu bisnis, downloads dan menu lainnya tentu saja tidak cocok dengan situs kamu. Oleh sebab itu mari kita ganti itu menu sesuai dengan kehendak kamu.

Menu template di blogspot

Karena kamu mau mengganti menu di Blog, maka kamu harus masuk menu Theme lagi namun kali ini klik pada bagian Edit HTML.

Edit HTML di Blogger

Tenang kamu tidak perlu bermain dengan bahasa program HTML, karena kamu hanya perlu memasukan link dan mengganti tulisan pada menu yang ingin kamu buat. Kamu klik pada halaman editor HTML dan tekan Ctrl + F untuk memunculkan kotak pencarian kata.

Ketikan Business pada kota pencarian tersebut dan klik enter maka kamu langsung menemukannya dengan mudah. Tugas kamu selanjutnya memasukan Link postingan atau Link Label Blog kamu untuk di jadikan menu, taruh link kamu di tanda # yang saya berikan kotak hapus saja tanda # tersebut ganti link kamu, dan tulisan Business bisa kamu ganti dengan nama menu yang kamu mau.

Edit html mengganti template blogger

Bagaimana cukup mudah bukan cara mengganti template di situs kamu, jika ada pertanyaan seputar bagaimana cara mengganti ini silahkan komentar atau hubungi saya melalui halaman Contact yang ada di bawah situs ini.

Postingan selanjutnya mengenai "Cara menulis blog yang baik dan benar".
Kedy Reading makes you know, acting makes you do.