Membuat Pupuk Organik Dari Kotoran Ayam

Membuat pupuk organik adalah salah satu cara ampuh untuk menyingkirkan bau tidak sedap dari kotoran ayam.

Pada sebuah peternakan ayam baik itu pedaging atau petelur masalah aroma tidak sedap tidak bisa di elakkan lagi, oleh sebab itu dari pada menjadi pencemaran udara mending kita buat menjadi hal yang bermanfaat.

Keunggulan Pupuk Organik dari Kotoran Ayam

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai cara mengolah kotoran ayam menjadi pupuk, maka ada baiknya kita mengetahui apa saja keunggulan pupuk organik di banding kan pupuk kimia, di antaranya keunggulan pupuk organik adalah.

1. Lebih Ramah Lingkungan

Pupuk organik sangat baik di aplikasikan pada tanaman, bahkan sebelum menanam sebuah tanaman sangat di sarankan untuk mencampur tanah tersebut dengan pupuk organik agar tanaman cepat tumbuh.

Pupuk organik terbuat dari alam dan pastinya akan sangat mudah di urai oleh bakteri di perkebunan sahabat, jadi mau menggunakan seberapa sering pun tidak akan berbahaya bagi lingkungan atau bagi kita yang memakan tanaman tersebut.

2. Pupuk Organik Lebih Hemat

Tentu saja ini adalah salah satu keunggulannya, di tempat saya jika membeli pupuk organik dari kotoran sapi persatu karung 50 KG di hargai dengan harga 35 Ribu, bandingkan saja dengan pupuk NPK yang perkilo di jual dengan harga di atas 10 ribu, sampai 50 KG tentu memakan uang yang banyak.

3. Mengurangi Polusi Udara dari Kotoran Ternak

Jika kamu punya ternak Ayam, Sapi, Kambing, Babi atau apa pun itu, tentu masalah bau dari kotoran mereka tidak bisa di hindari.

Dengan adanya pembuatan kotoran ternak menjadi pupuk organik sangat menguntungkan selain membuat udara lebih bersih dari bau, juga dapat menghasilkan uang jika pupuk tadi di jual.

4. Mempunyai Kandungan Unsur Hara yang Lengkap

Seperti yang kita ketahui pupuk kimia dengan nama jual NPK sangat laris di pasaran karena kandungan yg lengkap mulai dari N (Nitrogen), P (Pospor) dan K (Kalium).

Pupuk organik yang terbuat dari kotoran ternak nyatanya sama mempunyai unsur - unsur tersebut, yang sangat baik untuk pertumbuhan tanaman dan pembentukan bunga menjadi buah.

Itu beberapa keuntungan dari sahabat mengolah pupuk organik dari kotoran ternak, selanjutnya mari kita bahas mengenai cara membuat pupuk organik dari kotoran ayam ini.

Langkah Pembuatan Pupuk Organik dari Kotoran Ayam

Sebelum membuat pupuk dari kotoran ayam atau ternak lainnya, kita siapkan terlebih dahulu bahan dan alat yang di butuhkan.

Alat dan Bahan

  1. Sekop (untuk mengambil kotoran ternak dan mencampurnya).
  2. Terpal atau Baliho (sebagai penutup pupuk organik nya nanti).
  3. Pisau
  4. Pupuk Organik EM4 (Pupuk yang di jual di pasaran yg di dalamnya ada bakteri untuk membantu mengurai kotoran ternak menjadi pupuk organik).
  5. Air Gula atau Air Tebu (Pilih salah satu untuk di campur dengan EM4 tadi).
  6. Air Bersih
  7. Sekam padi atau rerumputan yang sudah di cincang halus (jika tidak punya sekam padi, bisa cincang rumput ilalang).

Pembuatan Kotoran Menjadi Pupuk

Banyak petani yang salah langsung menaruh kotoran ternak di tanaman nya, ini tidak baik karena kotoran tersebut masih belum di fermentasi dan kotoran yang langsung di aplikasikan ke tanaman salah - salah bisa membunuh tanaman tersebut, karena kotoran yang masih segar mengandung banyak gas yang membuat tanaman kepanasan.

Pertama kamu harus kumpulkan kotoran ternak yang ingin kamu jadikan pupuk, kotoran yang fresh baru kamu ambil dari kandang nya.

Kotoran yang sudah kamu dapatkan tadi, kamu campur aduk dengan bahan organik lain nya. Di sini saya menggunakan sekam padi sebagai bahan campuran kotoran ayam yang ada.

Aduk sampai rata kedua kotoran ternak dan sekam padi tadi. Setelah selesai mengaduk, kamu bisa campurkan air tetes tebu segar sebanyak 1 liter atau kalau tidak ingin repot, maka larutkan gula pasir setengah kilo gram ke dalam 1 liter air.

Larutan tebu atau gula tadi kemudian kamu campurkan cairan pupuk EM4 Pertanian sebanyak 3 tutup botol nya.

Cara membuat pupuk dari kotoran ternak


Campurkan sedikit demi sedikit air tebu atau gula yang sudah tercampur pupuk EM4 tadi ke dalam kotoran ternak dan sekam padi tadi, aduk sekam padi dan kotoran ayam tadi secara perlahan sambil kamu siram dengan air tebu/gula tadi.

Setelah semua tercampur maka kamu bisa tutup kotoran ternak yang sudah tercampur tadi dan jauhkan dari air karena bisa menyebabkan pembusukan. Gunakan lah terpal untuk menutupi nya dan setiap hari aduk lah adonan pupuk kamu tadi dan tutup kembali setelah itu.

Biasanya memakan waktu 10 hari maka pupuk siap di gunakan, ciri khas pupuk organik dari kotoran ternak siap di gunakan adalah bau dari kotoran tersebut tidak ada lagi.

Langkah membuat pupuk dari kotoran ternak.

Kedy INTJ Personality | Tidak ada keberhasilan tanpa kegagalan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel