Cara Mengatasi Serangan Hama Monyet Pada Perkebunan

Serangan hama Monyet ekor panjang tentu sangat meresahkan sekali, kalau populasi Monyet ekor panjang nya banyak bahkan bisa mengakibatkan gagal panen tentu merugikan sekali petani yg sudah bersusah payah berharap banyak akan hasil yang di dapat.

Saya saat ini baru saja mengusir dan membasmi sebagian populasi monyet yang terlalu banyak di daerah saya dan syukur serangan berkurang dan sangat jarang.

Beberapa Cara Mengusir atau Membasmi Monyet Ekor Panjang

Berbagi pengalaman saya ingin membagikan tips untuk sahabat petani semua mengenai cara jitu mengusir ata bahkan membasmi mereka. Namun saran jika memang populasi dari monyet ekor panjang nya tergolong normal tidak terlalu banyak mungkin cukup gunakan cara mengusir saja karena kasian kalau harus di basmi nanti habis monyet di area sahabat.

1. Menangkap dan Mewarnai Monyet

Terdengar seperti bercanda memang, namun ini fakta cara jitu mengusir hama monyet tanpa menyakiti mereka.

Caranya kamu cukup membuat jebakan monyet, ingat jebakan monyet ini tidak membunh mereka namun hanya mengurung mereka. Ketika satu atau dua monyet berhasil terperangkap kamu cat bulu mereka menggunakan warna merah cerah menggunakan cat semprot (Pilox) setelah itu baru kamu lepaskan monyet yg bulunya sudah di semprot habis menjadi merah.

Monyet adalah binatang berkelompok, jadi ketika monyet yang kamu Pilox bulunya tadi akan kembali menuju kawanan nya. Akan tetapi monyet takut dengan warna merah cerah dan kawannya yang kita ubah bulunya tadi akan di jauhi, sehingga mereka akan saling mengejar dan meghindar dari monyet yang di warnai merah tadi.

Jadi begitulah cara mengusir monyet tanpa harus membunuh mereka dan cara ini sudah terbukti membuat kawanan monyet terpecah belah.

Cara usir hama monyet di kebun


2. Menaruh Air Berwarna Merah Cerah di Kebun

Cara kedua ini saya tidak pernah mencobanya, namun saran ini saya rasa masuk akal karena monyet membenci warna merah.

Sangat mudah kalau yang satu ini, kamu cukup membeli pewarna makanan yg berwarna merah cerah lalu kamu campur dengan air bersih, kemudian taruh di dalam botol bekas minuman air mineral seperti Aqua.

Dan taruh lah botol berwarna merah cerah tersebut di tanaman yang ingin kamu lindungi agar ketika monyet ingin menganggu tanaman tersebut dia takut karena melihat warna merah cerah di dalam botol tadi.

3. Membasmi Hama Monyet Menggunakan Bahan Kimia

Ini adalah langkah terakhir yang bisa kamu coba di kebun kamu, namun pastikan bahwa populasi mereka masih cukup banyak di daerah kamu karena kasian kalau harus punah di wilayah sahabat.

Membasmi hama Monyet menggunakan bahan kimia bisa gunakan Timex, Potas atau Furadan.

Racun basmi monyet di kebun


Untuk cara menggunakan Timex atau pun Furadan adalah dengan memasukan butiran kimia tersebut ke dalam buah pisang, Timex atau pun Furadan berbentuk butiran kecil seperti pakan ikan maka sangat cocok di taruh ke dalam pisang...

Jika potas kamu bisa mencari sebuah wadah yang tidak bocor, larutkan potas dengan air dan masukan beras di dalam wadah tersebut, biarkan air potas merendam beras tersebut.

Taruh saja Beras berisi air potas tadi di dalam perkebunan sahabat maka hama monyet akan menghampiri beras tersebut dan memakannya.

Untuk pisang tadi sama saja kamu hanya perlu menaruhnya di tengah kebun dan biarkan mereka berebut memakannya.

Kamu sudah tahu pasti apa yang akan terjadi ketika mereka memakannya, ini sangat manjur namun perlu perhitungan karena kalau tidak kita memutuskana mta rantai makanan..

Bagaimana cukup jelas bukan bagaimana cara dalam mengurangi serangan monyet pada kebun sahabat sekalian, semoga dapat membantu sahabat tani semua.
Kedy INTJ Personality | Tidak ada keberhasilan tanpa kegagalan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel