Cara Agar Tidak Mengantuk Saat Mengemudi

Saat mengemudi terlebih jika rute nya sangat jauh maka yang namanya mata mengantuk tidak dapat di hindarkan lagi. Padahal itu sangat berbahaya untuk diri sendiri, penumpang dan orang lain di jalan kamu.

Tips Mengatasi Saat Kantuk Datang di Perjalanan


Saya menulis ini karena ada pengalaman saya saat mengemudi 22 jam nonstop dari kota saya menuju ke Kutao kartanegara (Tenggarong).

Cara mengatasi kantuk saat berkendara
Waktu yang kami tempuh saat itu adalah 13 jam, karena jalan Trans kalimantan poros tengah rusak. Kami pulang pergi memakan waktu 25 jam.


Karena saya bukan lah pemakai seperti banyak sopir taksi antar provinsi, oleh sebab itu akan sangat bermanfaat jika kamu mempraktek kan cara saya menghadapi kantuk yang melanda.

Ada pun tips dari saya adalah sebagai berikut.

  • Minum yang mengandung kafein.
Kafein di percaya sangat ampuh dalam mengatasi kantuk, namun kalau kamu adalah peminum kopi maka takaran yang sedikit tidak akan membuat mata mu melek, saya biasanya meminum kopi sampai 5 gelas dan dua botol minuman yang mengandung kafein, seperti karting daeng.

Dari pengalaman saya ini akan sangat membantu kamu jika ingin tetap fokus dan tidak mengantuk saat mengemudi yang rute nya jauh.


  • Sering Membasahi Wajah.
Saat itu saya pulang dari Tenggarong, saya sangat mengantuk sampai rasanya seperti mimpi ketika saya memegang setir mobil.

Karena saya tahu itu bahaya untuk saya maka saya sering membasuh wajah saya menggunakan air di SPBU yang saya lewati. Cara ini ternyata cukup ampuh apa lagi jika di campur dengan minun kafein tadi.


  • Matikan AC.
Suasana yang dingin sering membuat mata kita terhanyut ketika mengemudi kan mobil, oleh sebab itu ketika mengantuk saya sering mematikan AC mobil dan membiarkan kabin mobil dalam keadaan panas.

Ini membuat saya merasa gerah dan tidak ada perasaan mengantuk.


  • Memainkan Musik Aliran Keras.
Mendengar lagu sedih atau lagu selow terasa seperti di terpa angin di pinggir pantai yang membuat jiwa ingin sekali ke alam bawah sadar atau tidur.

Karena itu saya akali dengan memainkan musik seperti Rock atau musik elektronik yang keras.


  • Berbicara dengan Penumpang.
Jika ada penumpang kamu yang bangun maka jangan diam saja dalam mobil, boleh lah bercerita apa saja biar kamu sebagai pengemudi tidak mengantuk.

Walau kenyataan nya jarang sekali penumpang yang bangun ketika berkendara di malam hari, mereka pasti tidur dan mempercaya kan kamu mengendalikan mobil sendiri.


  • Beristirahat Sejenak.
Jika mata tidak dapat di bawa berkompromi lagi maka hendak lah kamu tidur setidaknya selama 1 jam sebelum mulai berkendara lagi, karena jika semua cara di atas sudah di tempuh dan kamu tetap mengantuk maka akan sangat berbahaya jika harus di paksa.

Itu lah beberapa cara yang dapat kamu coba ketika sangay mengantuk mengendarai mobil perjalanan jauh, namun jika gagal tetap mengantuk maka tidur adalah cara terbaik untuk keselamatan kamu dan penumpang.
Kedy Pribadi yang sederhana. Bekerja apa saja yang penting itu diberkati Tuhan. Aktif menulis di situs Agribisnis dan Kerohanian. Menulis tidak membuat saya kaya, namun membantu orang lain lewat tulisan adalah sebuah keistimewaan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel