Cara Memindahkan Bibit Semaian ke Kebun

Memindahkan bibit dari persemaian nya menuju kebun biasanya sangat mudah sekali, namun bagi pemula kadang walau hanya memindahkan bibit saja mereka sering salah dan bibit nya mati ketika tanam di kebun.

Ini menurut pengalaman saya pribadi juga sih sebenarnya, cara ini sudah saya buatkan video nya di Youtube namun karena tidak semua orang punya kuota lebih maka saya buatkan versi tulisannya.

Teknik Memindahkan Bibit Semaian ke Kebun

  1. Pengolahan tanah di kebun.
  2. Pemindahan bibit dari tempat semai ke Kebun.

1. Pengolahan Tanah di Kebun

Perlu di ingat satu minggu sebelum kamu memindahkan bibit tanaman yang telah kamu semai ke lapangan, kamu harus terlebih dahulu mempersiapkan lahan nya.

Buat lah lubang atau bedengan pada tanah yang akan kamu pakai sebagai tempat tanaman nantinya, usahakan tanah tersebut kamu gembur kan dan biarkam selama 1 minggu, agar tanah semakin gembur dan oksigen masuk ke dalam tanah yang sudah kamu gembur kan itu.

Jangan memindahkan tanaman ke tanah yang baru saja kamu olah, karena bisa membuat tanaman mati atau malah menjadi kerdil atau tidak subur malahan.

2. Cara Mengambil Bibit dari Tempat Semai nya

Banyak orang menyemai bibit di dalam polybag dan sebagian nya menyemai di dalam sebuah wadah seperti baskom, kaleng bekas, plastik mie instan dan lainnya.

Namun apa pun tempat yang kamu gunakan sebagai tempat menyemai, usahakan di saat memindahkan bibit ke kebun maka kamu harus memindahkan bibit itu dengan tanah nya.

Kebanyakan para pemula langsung cabut saja bibit yang ada di tempat semai dan pindahkan ke kebun, namun cara itu salah besar karena biasanya akar yang seperti serabut itu putus dan tanaman akhirnya akan layu serta mati dalam beberapa hari.

Cara pindahkan bibit dari persemaian ke kebun

Hanya dua itu saja biasanya yang membuat bibit yang di pindah sering mati, namun hal lainnya yang wajib tentu saja harus rajin menyirami tanaman nya, waktu penyiraman adalah sebelum jam 10 pagi dan sore jam 3 sampai jam 4 sore adalah waktu uang tepat nya.
Kedy INTJ Personality - Seperti secangkir kopi yang pahit, namun kamu tetap menyukainya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel