Budidaya Pisang Ambon Hasil Berlimpah

Budidaya Pisang Ambon merupakan salah satu jenis usaha yang sangat menggiurkan.

Permintaan akan pasar akan pisang ini tidak pernah sepi dan juga masih sedikit petani yang membudidayakan jenis pisang ini. Kebanyakan petani menanam pisang kepok atau pun pisang cavendish.

Pisang jenis ambon ini merupakan pisang yang kaya kandungan kalsium protein, vitamin, mineral, zat besi dan juga zat besi. Terdapat juga kandungan asam Triptophan yang efektif meredakan stress.

budidaya pisang ambon

Panduan Menanam Pisang Ambon

Budidaya tanaman pisang ini bisa di bilang cukup mudah. Beberapa langkah dalam menanam pisang ini adalah.

Pengecekan syarat tumbuh pisang, pemilihan jenis bibit pisang ambon, pemilihan bibit pisang, persiapan lahan tanam, proses perawatan tanaman pisang, panen dan pascapanen pisang.

Syarat Tumbuh Pisang Ambon

Budidaya pisang ambon syarat tumbuhnya hampir sama saja dengan pisang jenis lainnya. pH tanah lokasi penanaman sebaiknya berada pada range 4,5 – 7,5.

Ada pun penjelasan mengenai syarat tumbuh tanaman pisang, seperti di bawah ini.

Media tanam

Budidaya pisang ambon memerlukan media tanam yang mengandung banyak nutrisi, tanah humus adalah salah satu media tanam yang baik dan selalu lakukan pemupukan rutin. Tanaman pisang pada umumnya tidak menyukai genangan air, sehingga jika menanam di per-sawahan harus membuat parit, agar tanaman terlindungi dari genangan air.

Ketinggian lokasi

Ketinggian lokasi budidaya pisang sebaiknya pada di bawah ketinggian 1600 mdpl, karena jika melebihi ketinggian tersebut pisang memang bisa tumbuh namun agak lambat dari dataran rendah.

Curah hujan

Curah hujan budidaya pisang sebaiknya di wilayah yang mempunyai curah hujan 2000 – 2500 mm per tahunnya.

Iklim

Iklim di Indonesia hampir semuanya sesuai dengan syarat tumbuh pisang, namun untuk dataran rendah hindari wilayah yang rentan terjadi banjir.

Suhu udara

Suhu udara ideal bagi tanaman pisang ini adalah sekitar 25 – 38 derajat celcius, agar hasil tanaman pisang optimal.

Pemilihan Jenis Pisang Ambon

Pisang ambon kuning atau pisang ambon lumut adalah dua jenis varian dari pisang ini.

Pisang ambon kuning mempunyai ciri khas jika dia sudah matang akan berwarna kuning, agak keputihan. Biasanya juga orang menyebutkan pisang ambon kuning ini sebagai ambon putih juga.

Pisang ambon lumut mempunyai ciri khas jika dia sudah matang maka warnanya tetap hijau, produksi dari jenis ambon lumut terbilang cukup tinggi.

Itu adalah beberapa varian dari pisang ambon, namun banyak orang mengira bahwa pisang cavendish merupakan jenis pisang ambon putih. Padahal ambon dan cavendish adalah berbeda ya, cavendish adalah pisang bibit pisang baru hasil rekayasa.

Pembibitan Pisang Ambon

Budidaya pisang jika tidak ingin repot melakukan pembibitan maka bisa dengan membeli, dengan harga berkisar antara 3000 – 5000 persatu bibitnya.

Pembibitan pisang sendiri dapat kamu lakukan dengan beberapa cara, yaitu.

Pembibitan Pisang dari Anakan

Melakukan pembibitan dengan cara ini adalah salah satu cara tradisional sejak jaman dahulu. Kamu hanya perlu mencari pohon pisang dewasa yang mempunyai anakan.

Salah satu ciri anakan pisang yang baik untuk di jadikan sebagai bibit siap tanam, merupakan bibit yang mempunyai tinggi 41 – 100 cm dari permukaan tanah.

Kekurangan dari pembibitan dari anakan adalah jika ada penyakit yang menyerang induk, maka dapat terbawa oleh anakan ini.

Pembibitan Pisang dari Bonggol

Cara pembibitan pisang menggunakan bonggol terbilang lebih modern, ada pun cara pembibitan nya adalah sebagai berikut.

  • Potong bonggol pisang dengan panjang sekitar 40 sampai 50cm.
  • Bonggol di bersihkan dari gulma, tanah serta akar yang menempel di potong semuanya, serapi mungkin.
  • Siram bonggol dengan air sampai basah, untuk membersihkan nya dan membuat bonggol tetap lembap.

cara menanam bonggol pisang

Kemudian bonggol tersebut sudah siap di tanam, nanti bonggol tersebut tumbuh dan mempunyai beberapa anakan. Ambil lah beberapa anakan nya tersebut untuk di jadikan sebagai bibit.

Persiapan Lahan Tanam

Lahan di bersihkan dari semua gulma yang akan menganggu tanaman pisang, dapat melakukan penyemprotan dengan herbisida sistemik agar gulma tidak tumbuh kembali.

Pembuatan lubang tanam pisang ambon, dengan ukuran 50 cm lebar, 50 cm panjang dan dalam 50 cm juga. Untuk jarak antara lubang tanam adalah sekitar 2 x 2 meter.Lubang tanam tersebut hendaknya kamu gali kurang lebih sebulan, sebelum waktunya menanam pisang.

Penanaman

Menanam tanaman pisang sebaiknya kamu lakukan di musim penghujan, agar kebutuhan air tanaman di awal tumbuh terpenuhi. Jika terpaksa menanam di musim kemarau, maka kamu harus siap menyiram setiap hari.

Seminggu sebelum menanam pisang hendaknya lubang tanam di berikan pupuk kandang sebanyak 10 Kg perlubang, agar pertumbuhan bibit nantinya semakin sehat.

Perawatan Pisang Ambon

Budidaya pisang yang sukses adalah dengan perawatan yang terpadu oleh petani nya. Ada beberapa tahap dalam merawat tanaman pisang ini, di antaranya adalah pemupukan, pemangkasan, penyiangan, penjarangan anakan dan perawatan tandan buah pisang.

Pemupukan Tanaman

Pemupukan pisang dengan pupuk kimia menggunakan, pupuk SP36 sebanyak 150 kg, Urea sebanyak 350 kg dan KCL sebanyak 150 kg. Pemberian pupuk yang di hitung tersebut untuk satu hektar lahan tanaman pisang nantinya.

Dosis pemupukan pada tanaman pisang satu tahun pertamanya, sebanyak 3 kali dalam satu tahunnya. 1/4 pupuk di berikan saat awal penanaman pisang, sisanya di pupuk saat umur tiga bulan dan enam bulan.

Cara melakukan pemupukan tanaman pisang adalah dengan cara kerok tanah berjarak sekitar 70 cm dari batang pohon nya, kemudian tabur pupuk dan tutup kembali tanah tersebut.

Pemangkasan Tanaman

Pemangkasan dalam tanaman pisang sangat wajib dilakukan oleh petani, untuk mencegah penularan berbagai macam penyakit atau hama, juga memberikan cahaya matahari kepada anakan pohon pisang.

Pangkas lah bagian daun yang sudah tua dan terlihat menguning sebagian nya, pada tanaman yang terserang penyakit pemangkasan daun nya harus di bakar dan pisau pemangkasan harus di bersihkan menggunakan Alkohol atau Bayclean.

Penyiangan Gulma

Penyiangan gulma tanaman pisang harus rajin di lakukan, terutama di waktu tanaman masih muda (kecil) dan wajib menyiangi gulma secara manual dengan tangan.

Tidak menggunakan herbisida karena di takutkan akan menganggu pertumbuhan tanaman, apa bila tanaman sudah besar dan tinggi maka kamu bisa gunakan herbisida dalam penyiangan gulma.

Penjarangan Anakan Pisang

Pisang ambon atau pisang jenis lainnya, akan memiliki banyak anakan pisang nantinya. Penjarangan anak pisang ini penting di lakukan agar produksi tanaman indukan lebih maksimal dan mempunyai sisir pisang yang banyak.

Hendaknya menyisakan anakan pisang maksimal 3 buah pada satu indukan pisang, dan anakan yang di sisakan tersebut harusnya anakan yang mendapatkan sinar matahari.

Perawatan Tandan Buah Pisang

Perawatan tandan adalah hal wajib dalam budidaya pisang ambon di lakukan agar nantinya kamu bisa mendapatkan sisir pisang yang sempurna sampai ke bagian bawahnya. Buang sisir pisang satu sampai dua pada bagian sisir terakhir atau yang paling bawah.

Tandan pisang ambon seharusnya di tutup dengan menggunakan plastik agar tidak di serang oleh hama yang merusak buah, kalau tidak punya bisa menggunakan karung juga.

Pada saat tanaman pisang ambon sudah mulai mengeluarkan tandan. Pohon pisang juga harus di berikan tiang untuk menopang pohon pisang tidak roboh saat ada angin atau hujan.

Panen Pisang Ambon

Panen buah pisang tidak bisa sembarangan, kamu harus tahu permintaan pasar sebelumnya. Untuk pemasaran ekspor atau penjualan di dalam negeri.

Untuk tujuan ekspor, umumnya pisang di panen pada saat tingkat kematangan 80% – 85%. Ciri fisik dari buah pisang tersebut dapat kamu lihat pada bagian buah pisang sudah kelihatan berisi dan tepi buah pisang sudah tumpul.

Penjualan pisang untuk pasar dalam negeri proses panen sebaiknya, pada tingkat kematangan 90% – 95%. Ciri fisik dari pisang tersebut dapat kamu lihat pada bagian ujung buah pisang terlihat tumpul dan tangkai bekas bunga sudah tidak ada.

Demikian cara budidaya pisang ambon untuk pemula. Semoga bermanfaat untuk semua petani yang ingin mencoba usaha ini atau sekedar untuk hobi.
Kedy Pribadi yang sederhana. Bekerja apa saja yang penting itu diberkati Tuhan. Aktif menulis di situs Agribisnis dan Kerohanian. Menulis tidak membuat saya kaya, namun membantu orang lain lewat tulisan adalah sebuah keistimewaan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel