Cara Menanam Kacang Panjang

Menanam kacang panjang tidaklah sulit, selain itu dapat ditanam area halaman rumah.

Kacang panjang adalah salah satu sayuran yang jadi favorit banyak orang karena cara mengolahnya pun mudah. Contoh saja tumis kacang panjang campur mie instan, selain enak juga bisa dimasak oleh anak kos sekali pun.
cara menanam kacang panjang

Jika ingin budidaya kacang panjang untuk dijual pun sangat menggiurkan, karena harganya yg lumayan, dan produktifitas kacang dapat di panen beberapa kali.

Cara Budidaya Kacang Panjang


Persiapan Lahan


Persiapan lahan budidaya kacang panjang diawali dengan pembersihan lahan dari rerumputan yang nanti akan menjadi sarang penyakit serta pencuri unsur hara kacang yang kita pelihara. Pembersihan lahan dirumah bisa menggunakan cara teknis di cabut, untuk dalam lahan yang luas bisa menggunakan herbisida (racun rumput).

Pengemburan tanah dilakukan saat lahan sudah bersih dari semua rerumputan. Megemburkan tanah dapat dilakukan menggunakan cangkul, jika lahan besar bisa gunakan traktor. Tanah yang sudah gembur selanjutnya dibiarkan terbuka selama seminggu agar gas dari dalam tanah keluar dan bakteri dalam tanah musnah.

Menanam benih kacang panjang


Benih kacang panjang sebaiknya yang beli di toko pertanian terdekat. Alasannya karena bibit yang dibuat oleh pabrik, mempunyai ketahanan terhadap penyakit tertentu seperti layu fusarium.

Menanam benih dapat di lakukan pada pagi hari. Buat lubang tanam dengan jarak 25 cm dan bibit kacang dapat ditanam dua buah benih dalam satu lubang tanam. Jika ada pupuk kandang, maka tutup lubang tanam kacang dengan pupuk kandang sebanyak satu gengaman dan taburkan.

Satu minggu setelah menanam kacang panjang, sebaiknya melakukan penyulaman terhadap benih kacang yang tidak berhasil tumbuh. Biasanya ada juga yang tumbuh namun dimakan serangga, dan itu harus di tanam ulang benihnya.

Pemasangan ajir atau tiang tempat kacang merayap dapat segera dilakukan ketika sudah selesai menanam benihnya atau bisa juga ketika kecambah sudah mulai kelihatan naik ke permukaan tanah. Ajir tanaman kacang bisa menggunakan kayu lurus/bambu, panjang sekitar 1,5 meter.

Perawatan tanaman


Perawatan kacang panjang terbilang cukup ringkas, karena kacang terbilang kuat dalam kondisi kering. Penyiraman tanaman dapat dilakukan ketika tidak ada hujan sama sekali dalam 3 hari berturut – turut.

Pembersihan tumbuhan penganggu perlu dilakukan dengan cara manual saja, yaitu dicabut atau diarit saja cukup. Agar tumbuhan tersebut tidak menjadi sarang hama serta penyakit untuk kacang panjang, karena biasanya ulat yang sering melubangi buah kacang bisa bersembunyi didalam tumbuhan penganggu.

Hama yang menyerang dalam menanam kacang panjang biasanya adalah ulat, ciri khas kerusakan yang disebabkan adalah buah kacang terdapat lubang kecil dan berair. Dalam buah kacang jika di kupas akan terlihat ulat kecil berwarna bening memakan polong kacang. Pengendaliannya sangat mudah menggunakan Dupont atau Curacon.

Serangan virus yang terbiasa ada pada tanaman kacang panjang adalah bercak daun tandanya adalah daun terdapat bercak – bercak serta kemudian daun akan rontok. Untuk mengendalikan tanaman ini menggunakan fungisida.

Panen


Panen dalam budidaya kacang panjang sebaiknya dilakukan pada saat kacang masih seukuran jari kelingking. Tanda kacang tersebut masih keras dan warna masih hijau tua, alasannya karena kalau di panen saat kacang lebih besar dari jari kelingking akan cepat membusuk dan tidak tahan lama.

Panen sebaiknya dilakukan dua hari sekali saat panen raya kacang panjang. Jika memanen kacang untuk konsumsi pribadi mungkin bisa disesuaikan dengan selera masing – masing.

Demikian tulisan mengenai cara menanam kacang panjang ini, sangat mudah bukan dan peluang usaha budidaya kacang panjang ini cukup luas.
Kedy Pribadi yang sederhana. Bekerja apa saja yang penting itu diberkati Tuhan. Aktif menulis di situs Agribisnis dan Kerohanian. Menulis tidak membuat saya kaya, namun membantu orang lain lewat tulisan adalah sebuah keistimewaan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel