Cara Menanam Ubi Jalar di Rumah

Sekarang lagi musim stay home, dari pada bosan nonton TV atau main gadgets. Mending kita belajar menanam ubi jalar di halaman rumah walau pun sempit.

Ubi jalar merupakan umbi yang ternikmat menurut saya, selain manis, daging nya pun empuk. Berbeda dengan umbi kayu atau singkong yang terasa keras jika dibandingkan dengan umbi jalar.
Menanam ubi jalar dalam karung


Perawatan dan penanaman ubi jalar terbilang cukup mudah dan tidak merepotkan, hama yang menyerang juga sedikit dibandingkan dengan tanaman sayuran.

Cara Menanam Ubi Jalar di Halaman Rumah

Lahan sekitaran rumah mungkin ada yang menganggur, dari pada kamu diamkan tanpa hasil. Mending kita belajar menanam ubi disana, selain mempercantik halaman juga dapat panen nantinya.

Persiapan Media Tanam

Agar kamu tidak lelah dan merusak halaman rumah kamu dengan di mencangkul nya, maka kita menanam didalam karung saja. Selain tidak butuh lahan luas, juga tidak merusak tanah halaman kamu yang sudah rapi.
persiapan media tanam ubi jalar

Pertama kamu harus mencari karung yang ukuran besar, biasanya karung bekas pakan ayam 50 kg. Karung tersebut besar serta dapat menampung banyak ubi nanti didalam nya. Lubangi karung tersebut sebanyak 6 titik, di keliling karung sak tersebut. Karena nanti kita akan menanam ubi, sebagian melalui lubang pada karung tersebut. Setelah lubang selesai segera masukan pupuk kandang, dan sekam. Perbandingan 2 pupuk kandang dan 1 sekam.

Menanam Bibit Ubi Jalar

Mendapatkan bibit ubi ini tidak lah sulit, jika ada tetangga menanam ubi ini kamu bisa minta batang ubi yang menjalar untuk di tanam. Jika tidak tetangga yang punya, kamu bisa beli ubi jalar di pasar dan kemudian taruh ubi tersebut didalam tempat lembap. Nanti akan keluar tunas ubi jalar dan siap untuk di potong batang yang menjalar untuk dijadikan bibit.

Cara menanam ubi jalar sangat mudah, masukan batang ubi tersebut kedalam karung sekitar 10 cm masuk kedalam. Nanti ubi jalar akan tumbuh sekitar kurang lebih 5 hari terlihat batang ubi mengeluarkan pucuk daun.

Perawatan Ubi Jalar

Merawat tanaman ubi ini tidak lah sulit. Terlebih jika menanam dalam karung hampir tidak ada tumbuhan yang akan mengambil nutrisi miliknya. Penyiraman dilakukan setidaknya dua hari sekali jika tidak ada hujan sama sekali, itu pun hanya disaat masa penanaman pertama ubi.

Karena media tanam kita sudah menggunakan pupuk kandang, maka tidak perlu lagi pemupukan kita lakukan. Lebih sehat lagi karena kita tidak menggunakan pupuk kimia dalam budidaya.

Panen Ubi dalam Karung

Panen ubi jalar dapat kamu lakukan 4 bulan setelah penanaman bibit. Cara memanen tinggal belah saja karung tempat ubi jalar tersebut, nanti semua ubi langsung dapat di ambil.

Sebaiknya, siapkan media tanam baru sebelum panen. Agar nanti batang ubi yang menjalar langsung di tanam kedalam media tanam yang baru. Tidak perlu lagi capek mencari bibit di kemudian harinya.

Sekian tulisan sederhana ini mengenai cara menanam ubi jalar di halaman rumah, kamu bisa lakukan saat ini selagi musim pandemi corona ini.
Kedy Pribadi yang sederhana. Bekerja apa saja yang penting itu diberkati Tuhan. Aktif menulis di situs Agribisnis dan Kerohanian. Menulis tidak membuat saya kaya, namun membantu orang lain lewat tulisan adalah sebuah keistimewaan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel