Balok Gantung yang Kokoh Ala Tukang Bangunan

Balok gantung merupakan salah satu kunci kokohnya sebuah bangunan, khususnya rumah yang mempunyai dua lantai. Fungsi balok gantung adalah menopang berat dari lantai kedua, terlebih jika tidak ada tiang di tengah bangunan tersebut.

Kegunaan Balok Gantung

Sebuah bangunan berlantai dua seperti ruko, keberadaan tiang di tengah bangunan tentu membuat jelek pemandangan. Lagi pula dengan tidak adanya tiang di bagian tengah bangunan, tentu kita bisa leluasa menaruh barang - barang yang dijual.

Sebab itu penting untuk membuat sebuah balok gantung, karena seperti ruko biasanya di lantai kedua adalah tempat pemilik warung untuk tinggal. Sehingga beban di lantai dua akan lebih berat jika tidak ada bantuan balok gantung. Pembuatan balok gantung tidak sembarangan ada hitung - hitungannya, kalau seperti gedung maka harus membayar orang teknik sipil melakukannya, karena ilmu yang mereka pakai banyak baik itu jenis tanah, bencana alam yang sering terjadi, dan masih banyak hitungan lainnya.

Rumus yang digunakan disini adalah pengalaman saya bersama dengan team mendesain sebuah rumah berlantai dua, ada pun rumus untuk membuat balok gantung tersebut adalah.

Rumus Menghitung Balok Gantung

Rumah yang akan dibangun, di ketahui lebarnya adalah 8 meter, dan panjang 10 meter. Rumah tersebut akan mempunyai dua lantai, namun pemilik ingin di tengah rumah tersebut tidak ada tiang yang menghalangi, sebab itu perlu balok gantung.
desain rumah dari atas


Rumusnya: lebar rumah / 0.13 = Tinggi balok gantung.
maka  : 8/0.13= 61cm (di bulat kan)

Rumus lebar balok gantung: Tinggi balok gantung / 2
maka   : 61/2= 30cm

Rumus menghitungnya sangat mudah sekali bukan ?
Tentu semua tukang bisa menghitungnya, namun perlu perhatian juga untuk besi haruslah berukuran 10 mm untuk tulangan nya, untuk cincin nya bisa menggunakan besi 8 mm.

Sekian sedikit tips dari saya, semoga dapat membantu kawan - kawan semua yang membutuhkan rumus ini.
Kedy INTJ Personality | Tidak ada keberhasilan tanpa kegagalan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel