Cara Menggunakan Satfinder Aplikasi Mencari Posisi Satelit

 Berjumpa kembali sobat ku semua pecinta satelit, kali ini saya mau berbagi cara menggunakan aplikasi Satfinder. Buat para tracker maniak sudah pasti cukup familiar mendengar nama dan lincah menggunakannya.

Terima kasih karena para pengembang telah membuat aplikasi yang berguna ini, jika dulu kalau mau mencari sinyal satelit mesti menggunakan kompas manual.

Cara Gunakan Satfinder Untuk Mencari Posisi Satelit

Pertama sobat harus download dahulu aplikasinya di Playstore ini: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.esys.satfinder itu versi gratis saja, karena fungsinya sama perbedaan jika versi pro tidak ada iklannya saja.

Kedua buka aplikasi yang telah di download, jika ada permintaan ijin untuk mengakses lokasi maka berikan ijin. GPS di Android sahabat juga harus dihidupkan saat mengunakan aplikasi ini.

Ketiga tunggu hingga sobat terdeteksi oleh aplikasi ini, tandanya kolom your location sudah terisi semua.

Keempat klik ikon kaca pembesar yang terletak di bagian atas itu, dan masukan nama satelit yang ingin kamu cari keberadaannya. Contoh seperti Asiasat9 milik Ninmedia juga ada disitu.

Kelima lihat pada bagian kompas disitu ada garis hijau dan juga garis merah, yang merah menandakan letak satelit dan hijau menandakan posisi Android sobat, coba putar Android sobat sampai sejajar dengan garis merah tersebut. Jika sudah maka disanalah letak satelit itu berada.

Menggunakan aplikasi satfinder

Jika merasa tidak puas dengan pergerakan kompas tersebut, sobat bisa klik lambang peta samping ikon kaca pembesar berguna untuk melihat lokasi satelit kearah mana melalui peta. Kurang puas juga dengan peta tersebut, maka gunakan fitur AR caranya klik lambang titik tiga di pojok kanan atas dan klik tulisan "Show AR", didalam AR ada garis membentuk tanda tambah merupakan latitude dan bulatan.

Garis yang membentuk tanda tambah harus berada didalam bulatan tersebut, jika tepat maka bulatan akan berwarna hijau yang menandakan disana tempat satelit incaran sobat berada, lihat contoh digambar.

Show AR dalam aplikasi satfinder

Jika sudah tahu posisi satelit tinggal sobat arahkan saja piringan parabola ke arah satelit tersebut, dan diikuti dengan pergerakan naik turun untuk mendapatkan sinyal satelitnya.

Tips buat para tracker satelit pemula, jika posisi satelit ada di timur maka arahkan payung ke barat dan geser perlahan ke timur, untuk melacak dimana tempat sinyal berada, di ikuti dengan gerakan turun naik payung setiap pergerakan ke timur.

Bagaimana kesimpulan dari sobat ? Apakah sulit dimengerti? Jika begitu, maka silahkan menonton video cara menggunakan aplikasi satfinder di channel Youtube saya: Cara Menggunakan Aplikasi Satfider di Android


Kedy INTJ Personality | Tidak ada keberhasilan tanpa kegagalan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel