Tugas Planner Maintenance Alat Berat Dalam Perusahaan

 Tugas Planner maintenance menarik untuk dibahas, karena lowongan pekerjaan ini cukup banyak dicari terutama pada perusahaan tambang yang mempunyai ratusan alat berat untuk ditangani.

Saya bukan seorang planner namun saya bekerja sama dengan Planner saat di perusahaan tambang batu bara, terkadang saya membantu planner juga untuk menyelesaikan berbagai macam laporan tentang unit milik perusahaan. Secara garis besar saya mengetahui apa saja tugas dari Planner, buat kamu yang tertarik jangan beranjak dulu dari Blog ini.

Tugas Planner Maintenance

Tugas planner maintenance dalam perusahaan

1. Membuat Schedule Servis Alat Berat

Dalam perusahaan tentu saja alat berat menjadi pembantu yang sangat efesien untuk mendapatkan keuntungan untuk perusahaan. Untuk perusahaan yang bekerja siang dan malam, bayangkan saja bagaimana beratnya perjuangan sebuah unit produksi.

Tugas Planner maintenance disini memastikan bahwa alat berat untuk mendapatkan servis rutinnya berdasarkan HM (hours meter) atau KM (KiloMeter), tentu saja ini penting bayangkan saja jika tidak ada Planner maka unit akan cepat rusak karena operator tidak tahu garis besar kapan servis rutin dilakukan.

2. Mempersiapkan Komponen Alat Berat

Warehouse atau gudang memang biasanya ada disetiap perusahaan, akan tetapi mereka tidak bisa memastikan sparepart apa saja yang sangat diperlukan dan tidak terlalu. Planner juga bertugas untuk membuat schedule kerusakan komponen, karena setiap sparepart yang terpasang pada alat berat mempunyai masa pakai.

Perusahaan tidak mau alat beratnya parkir hanya karena menunggu barang yang telah aus diganti. Planner juga dituntut untuk menghitung masa pakai sebuah sparepart tertentu pada alat berat.

3. Pemeliharaan Unit Harian

Selain membuat scheduke servis rutin alat berat, Planner juga bertugas untuk melakukan penjadwalan harian pemeliharaan unit, jika perusahaan menggunakan alat berat tentu saja perlu dilakukan greassing setiap hari karena kalau tidak itu besi akan bergesekan dan cepat aus.

Planner perlu memberikan jadwal greassing ini kepada mekanik yang akan melakukan tugas ini dilapangan.

4. Menyiapkan Laporan Kepada Atasan

Planner tahu seluk beluk semua alat berat perusahaan, nah setiap akhir bulan biasanya Planner perlu melakukan tugasnya membuat laporan.

Laporan itu berbagai macam mulai dari alat berat mana saja yang telah diservis bulan ini, berapa biaya kerusakaan unit keseluruhan, berapa unit yang rusak bulan ini, dan macam - macam sesuai dengan permintaan dari perusahaan setempat.

Diatas merupakan tugas Planner, kelihatannya cukup sulit bukan. Tapi itu sebanding dengan gajihnya juga. Lantas apa saja syarat menjadi seorang Planner ?

Jika Freshgraduate maka lulusan sarjana dari Teknik Mesin berkesempatan lebih besar untuk diterima sebagai Planner. Tapi kalau kamu sebelumnya Mekanik atau Admin Planner maka biasanya akan diangkat perusahaan menjadi planner dengan pertimbangan pengetahuan kamu tentang alat berat lebih baik.

Jadi kesimpulannya Planner mempunyai tanggung jawab yang besar terhadap alat berat, itu sebanding dengan gajih yang di terima. Tidak harus jadi sarjana teknik mesin juga untuk menjadi planner, namun pengetahuan yang luas mengenai alat berat dapat memperbesar kesempatan Mu.
Kedy INTJ Personality | Tidak ada keberhasilan tanpa kegagalan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel