Cara Membuka Baut As Roda Belakang Matic

 Membuka baut as roda belakang untuk jenis motor bebek terbilang cukup mudah, pengerjaan mengencangkan rantai misalnya pada motor bebek dapat dilakukan sendiri tanpa harus ke bengkel motor terdekat.

Berbeda dengan baut as roda belakang motor matic yang hanya ada bautnya satu untuk tempat membukanya dan ukuran bautnya pun terbilang lebih besar dan kuat dari pada motor bebek.

Cara Mudah Membuka Baut As Roda Belakang Matic

Mengganti kampas rem pada motor matic mengharuskan kita membuka baut as roda yang mengunci ban belakang matic kita, sama halnya seperti pada motor bebek juga.

Masalahnya terkadang banyak dari pengguna motor matic tidak bisa membuka baut as roda belakangnya sendiri, terpaksa menggunakan jasa bengkel untuk membukanya sekitar 10 ribu rupiah sampai 15 ribu kalau di tempat saya ongkos untuk mengganti kampas rem matic.

Berikut ini adalah beberapa persiapan yang harus kamu punya nih untuk membuka bautnya jangan sampai kamu tidak punya alat - alat ini.
Membuka baut as roda belakang

1. Kunci Ring atau Sok

Kamu tidak bisa menggunakan kunci pas untuk membuka baut as karena dapat membuat bautnya doll/loss. 

Siapkan kunci ring atau socket yang sesuai dengan ukuran baut as roda kamu, selain ukuran kunci untuk roda kamu perlu juga kunci untuk ring atau sok untuk melepas knalpot, karena ban tidak bisa keluar jika tidak dilepas knalpotnya.

2. Pipa Besi

Agar nanti membuka baut asnya lebih ringan, saran saya gunakan pipa besi untuk menyambung kunci ring atau sok kamu lebih panjang.

Membuka baut as roda belakang matic sangat keras jika tidak dengan bantuan pipa besi untuk memperpanjang kunci kamu.

3. Balok Kayu

Alat ketiga juga wajib adalah balok kayu untuk menahan ban belakang tidak berputar saat membuka baut as roda.

Sebenarnya pakai besi juga bisa, tapi body motor bisa lecet kalau menggunakan besi dan saya lebih menyarankan balok kayu.

Teknik Membuka Baut Roda Matic

Jika alat yang dibutuhkan sudah lengkap, langsung parkirkan motor matic kamu menggunakan standart 2.

Lepaskan knalpot terlebih dahulu sebelum melepaskan baut as rodanya. Sisipkan kayu bulat kedalam velg motor matic kamu, usahakan kayu tidak akan bisa lepas saat proses pelepasan baut roda.

Ketok bagian baut as roda menggunakan palu, ketok keliling baut dengan cukup tenaga. Mengetok baut as roda berguna untuk memecahkan karat yang ada diantara baut as roda dengan asnya, apa lagi jika lama tidak pernah dibuka.

Jika sudah diketok baru gunakan kunci ring atau sok kamu untuk mulai membuka baut as rodanya, masukan pipa besi ke kunci sok atau ring kamu baru putar baut melawan arah jarum jam (putar ke arah kiri).

Kalau baut as roda belakang matic masih keras ketika di putar, maka bisa ulangi memukul bagian baut untuk menghancurkan karat yang ada, dan coba kembali.

Membuka baut as roda belakang matic cukup mudah bukan ? Apalagi jika kamu mengikuti semua instruksi diatas dengan seksama. Jika bermanfaat jangan lupa bagikan tulisan ini ke sosial media kamu ya.



Kedy INTJ Personality | Tidak ada keberhasilan tanpa kegagalan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel