Contoh Berita Acara Serah Terima Barang dan Penjelasannya

 Berita acara merupakan catatan tertulis setelah kejadian atau peristiwa. Gunanya sebagai arsip di kemudian hari atas ringkasan sebuah kejadian atau peristiwa yang telah terjadi, dan menjadi bukti yang kuat karena didalamnya tentu ada tanda tangan orang - orang yang terlibat didalam kejadian atau peristiwa itu.

Ada banyak jenis berita acara sesuai dengan kebutuhan organisasi dalam penggunaannya, baik itu untuk mencatat kejadian serah terima barang, kerusakan atau kehilangan, bahkan kecelakaan dalam saat bekerja didalam perusahaan.

Contoh Berita Acara Serah Terima Barang

Berita acara serah terima barang akan menjadi pokok tulisan kali ini. Dalam sebuah perusahaan atau instansi pemerintah, beberapa karyawan diberikan fasilitas barang inventaris untuk menunjang pekerjaan mereka masing - masing.

Tentu semua barang itu tidak serta merta diberikan begitu saja tanpa ada rasa tanggung jawab dari karyawan yang diberikan mandat, sebab itu perlu adanya berita acara serah terima barang.

contoh berita acara serah terima barang

Format Penulisan Berita Acara Serah Terima Barang

Sebelum membagikan files docx contoh berita acara serah terima barang, kita pelajari dulu dasar dari penulisan berita serah terima barang ini. Kalian harus mengerti maksud dan tujuan dalam format berita acara ini, biar nanti kamu bisa mengembangkan sendiri lebih baik lagi.

1. Logo, Nama, dan Alamat

Logo, nama instansi, alamat, dan kontak dari perusahaan atau instansi pemerintahan kalian harus dimasukan pada berita acara serah terima. Fungsi nya untuk melekatkan identitas perusahaan atau instansi yang menaungi dalam berita acara ini.

2. Penulisan Judul dan Nomor Berita Acara Serah Terima

Dibawah bagian logo dan identitas perusahaan, ketikan judul dokumen dengan Berita Acara Serah Terima Barang. Lalu lanjut nomor berita acara, dalam penulisan nomor ini sebenarnya mudah sekali, silahkan kalian lihat dulu contoh gambar yang ada diatas.

002 adalah nomor berita acara didalam bulan ini, jika dalam satu bulan ada sepuluh kali serah terima barang maka 002 diganti dengan 010, dan seterusnya.

Unrang merupakan nama perusahaan, jika kepanjangan bisa masukan singkatan nama perusahaan kalian, misalkan Pembangkit Listrik Negara singkat saja PLN.

Penulis adalah divisi/bagian dari pekerjaan kalian, misalkan barang tersebut diserahterimakan untuk karyawan di divisi/bagian pemasaran, maka bisa ganti dengan Marketing.

III merupakan penamaan bulan dari romawi, karena serah terima dilaksanakan pada maret maka saya buat III.

2021 tentu saja merupakan tahun dimana barang tersebut diserahterimakan.

3. Penulisan Isi Serah Terima Barang

Dalam penulisan kalimat untuk serah terima barang dapat kalian sesuaikan dengan kebutuhan, namun ada beberapa poin yang tidak boleh kalian tinggalkan.

Pertama adalah penyebutan nama orang yang menyerahkan dan menerima barang tersebut dengan jelas berserta jabatan nya.

Kedua waktu dan tempat dimana barang akan diserahkan harus perlu juga dicatat biar lebih kuat secara hukum nantinya, terlebih jika barangnya mahal.

Ketiga informasi mengenai barang yang diserahkan. Mulai dari penulisan  jenis barang, merk, tipe, nomor seri, dan status apakah masih baru atau yang bekas. Untuk jenis seperti mobil atau motor bahkan harus disertakan nomor mesin dan nomor rangka.

Keempat pemberian tanggung jawab penuh kepada pihak kedua, agar kiranya nanti Dia akan menjaga dan merawat barang tersebut sama seperti miliknya sendiri.

Penutup berita acara hendaknya diberikan tempat dan waktu penyerahan barang, kemudian lanjut nama dan jabatan kedua belah pihak yang nantinya dapat di tanda tangani kedua belah pihak. Jika memang nilai barangnya besar boleh disertakan materai dalam penanda tanganan berita acara.

Format dalam penulisan adalah kurang lebih seperti diatas, dan buat kalian yang sudah belajar mengenai cara menulis dokumen berita acara serah terima barang ini, langsung saja kalian bisa download contoh suratnya: Download Contoh Berita Acara Serah Terima Barang.

Demikianlah contoh berita acara serah terima barang versi saya, semoga bermanfaat khususnya untuk teman - teman sejagat yang menjadi admin diperusahaan atau instansi pemerintah, jangan lupa untuk berlangganan artikel saya disitus ini.


Kedy INTJ Personality | Tidak ada keberhasilan tanpa kegagalan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel