Pengalaman Belanja Online Di Lazada

Lazada adalah toko online pertama yang berani mengiklankan situs website mereka untuk pertama kali, yang kemudian disusul oleh Tokobagus sekarang OLX. Saya sendiri sudah puluhan kali menggunakan Lazada sebagai tempat mencari barang impian, sebab itu tulisan ini akan memberikan kelebihan dan kekurangan berbelanja di sana.

Mengenal lazada adalah toko online pertama yang mengiklankan situsnya di Televisi pada tahun 2012, sebelum adanya Shoope, Bukalapak, dan marketplace lainnya lazada lebih dulu membuat gebrakan dalam transaksi online.

Lazada Group adalah sebuah perusahaan e-commerce Asia Tenggara yang didirikan oleh Rocket Internet dan Pierre Poignant pada 2012, dan dimiliki oleh Alibaba Group. Pada 2014, Lazada Group mengoperasikan situs-situs di Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam dan meraih sekitar US$647 juta dari beberapa putaran investasi dari para investornya seperti Tesco, Temasek Holdings, Summit Partners, JPMorgan Chase, Investment AB Kinnevik dan Rocket Internet. (di kutip dari Wikipedia; Lazada Group)

Pengalaman Berbelanja di Lazada

Jujur saja pertama kali saya belanja online itu di Lazada ini, semenjak iklannya muncul di TV saya menjadi penasaran karena pada masa itu jual beli barang sering sekali ada modus penipuan. Lazada dapat memberikan jaminan keamanan saat berbelanja dengan sistem yang kita kenal sekarang, barang sudah sampai baru uang dari pembeli dapat dicairkan.

Untuk lebih jelasnya saya sudah merangkum beberapa kelebihan beserta kekurangan dari marketlace Lazada ini, ini menurut saya sebagai orang yang sering berbelanja online disana.

Kelebihan Belanja di Lazada

1. Membeli Barang Dari Luar Negeri Dengan Aman

Hal yang utama dan menjadi keunggulan dari Lazada paling mencolok dari dulu adalah barang yang dijual tidak hanya dari dalam negeri, akan tetapi mencakup juga keluar negeri.

Saya pernah membeli mesin penetas telur mini yang hanya muat enam telur dari penjual dari China, dan ternyata barang tersebut memang benar - benar dikirimkan kepada saya. Kelebihan penjual luar negeri dari pada dalam negeri adalah harga yang mereka tawarkan lebih murah, dan ongkos kirim sama saja seperti dalam negeri.

2. Banyak Brand Ternama

Merk - merk besar sangat mudah ditemukan dalam situs Lazada ini. Tidak usah khawatir kesulitan mencari pakaian, smartphone atau barang lainnya yang original selagi kamu membeli dari distributor aslinya.

Untuk mengetahui mana toko resmi dari brand yang asli, kamu tinggal searching saja di kotak penelusuran dengan kata kunci "Merk Flagship Store". Misalkan saya mencari toko resmi Xiaomi maka "Xiaomi Flagship Store".

pengalaman belanja di lazada

Jadi jangan takut kamu bakalan membeli barang abal - abal disini selagi mengikuti saran saya memilih toko resmi.

3. Tersedianya Ulasan Pembeli

Membeli barang tanpa tatap muka harus ekstra hati - hati, dan Lazada sudah memperhitungkan hal itu dengan adanya fitur ulasan pembeli. Dengan adanya ulasan pembeli maka dapat melihat bagaimana kualitas barang yang dikirimkan penjual kepada pelanggannya.

Ulasan yang buruk dari pembeli sebelumnya akan menurunkan kepercayaan calon pembeli, ini membuat toko akan lebih berhati - hati dan tidak seenaknya mengirimkan barang yang tidak sesuai kepada pembelinya.

Saya selalu memperhatikan ulasan pembeli sebelum memutuskan mengambil barang tersebut, bahkan barang yang tidak ada atau ulasan pembelinya kurang tidak saya lirik sama sekali.

4. Garansi Uang Kembali

Ketika barang tidak dikirim oleh penjual dalam jangka waktu tertentu maka otomatis uang akan dikembalikan pada akun Lazada milik kamu. Begitu juga jika kita komplain, karena barang tidak sesuai dengan kehendak kita atau memang rusak dalam perjalanan kita bisa mengklaim uang dikembalikan.

5. Sering Ada Diskon

Jika kamu sering belanja di Lazada maka kamu pun akan sering mendapatkan diskon baik itu berupa potongan ongkos kirim, atau cashback. Terutama pada waktu harbolnas memang benar - benar pesta diskon di marketplace satu ini.

Lima kelebihan diatas adalah menurut versi saya, namun yang paling menjadi sorotan adalah tersedianya jaringan penjual dari luar negeri, jadi lebih mudah untuk mencari barang yang unik unik dari luar negeri.

Pesan saya buat kalian yang membeli barang dari luar negeri sebaiknya jangan membeli semacam smartphone walau harganya murah, karena kebanyakan isinya tidak jelas dan tidak bisa digunakan dalam wilayah Indonesia. Membeli barang dari luar negeri juga harus selalu melihat ulasan pembeli sebelumnya, jika ada komplain walau beberapa sebaiknya jangan ambil resiko karena untuk pengembalian barang cukup ribet kalau sudah keluar negeri.

Demikian ulasan saya mengenai belanja di Lazada, semoga bisa memberikan gambaran dari marketplace ini, dan semua sekarang tergantung keputusan kamu.
Kedy INTJ Personality | Tidak ada keberhasilan tanpa kegagalan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel