XAMPP Tidak Bisa Start Apache & Mysql di Windows 10

Kali ini saya mau berbagi buat sahabat semua mengenai permasalahan dibidang coding dan pendukungnya nih, kebetulan saya sempat mumet isi kepala dari tadi sore software Xampp yang versi terbaru sudah diinstal namun tidak bisa distart apache atau mysql nya.

Saya menuliskan ini selain untuk berbagi, juga untuk membantu sahabat yang mengalami juga. Permasalahan ini khususnya untuk kalian yang menggunakan Windows 10 yah, tapi untuk di Windows lainnya bisa dicoba juga.

Cara Atasi Masalah XAMPP Tidak Bisa Start Apache & Mysql

Dalam mengatasi Xampp tidak bisa start ini, kita mulai dahulu dari cara instal Xampp yang benar dahulu. Bukan maksud saya mengatakan cara kalian salah, namun agar menyamakan cara dengan punya saya.

Langkah pertama uninstal dulu xampp kalian yang tidak bisa start, setelah selesai proses uninstalnya langsung direstart dahulu yah perangkat kalian PC/Laptop.

Restart perangkat selesai sebaiknya kita instal kembali Xampp nya, buat kalian silahkan download dari situsnya resminya Xampp. File yang sudah download langsung saja kalian instal, namun jangan double klik saat menginstalnya tapi klik kanan dulu lalu pilih "Run Administrator" lalu saat pemilihan folder tempat penginstalan pilih saja folder C/Xampp.

run administrator window 10

Saat proses penginstalan telah selesai maka sebaiknya kamu tutup ketika aplikasi Xampp nya terbuka otomatis, setelah tertutup kamu cari aplikasi Xampp nya yang sudah terinstal lalu klik kanan pada aplikasinya, pilih more, dan pilih run administrator.

Run administrator aplikasi


Saat aplikasi terbuka coba saja kalian lakukan start pada apache dan mysqlnya, dan jika nanti saat kalian start mysqlnya pasti akan ada permintaan ijin dari windows firewallnya, kalian pilih ijinkan.

xampp tidak bisa start karena firewall

Nah jika kalian mengikutinya dari awal saya yakin kalian akan sukses saat melakukan start apache atau mysqlnya. Terutama di Windows 10.
Kedy Reading, Writing, Coding, Playing Games !!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel