Panduan Belajar Coding Untuk Pemula di Jamin Bisa Otodidak

Belajar coding untuk pemula, saya hari ini mengambil judul tersebut untuk menyemangati kaula muda yang benar - benar berminat untuk belajar bahasa pemogramman apa pun itu. Sekalian disimpan sebagai pengingat cara belajar saya dimasa depan siapa tahu ada sanak saudara yang tertarik.

Saya bukan mengurui siapa pun, tapi ini lebih kepada sharing mengenai pengalaman pribadi ketika belajar pemogramman otodidak tanpa kursus apalagi sampai ikut bootcamp segala. Saat ini saya menguasai bahasa pemogramman PHP dan tentu saja pendukungnya CSS, Javascript, serta HTML.

Sebagai lulusan SMK dan menyukai komputer semenjak SMP, rasa ingin tahu saya sangat tinggi dan berniat sekali untuk bisa menempuh pendidikan sekelas universitas tapi Tuhan tidak memberikan rejeki untuk saya pada saat itu, mungkin saya harus belajar lebih giat sendiri.

Dasar Belajar Pemogramman Secara Otodidak

Seorang pemula atau orang awam yang tidak ada latar belakang IT sama sekali terkadang binggung harus belajar dari mana, bahasa pemogramman apa yang dipelajari, dan bagaimana cara belajarnya agar bisa cepat mengerti.
belajar coding pemula


Jika itu masalah yang kamu hadapi maka bersyukurlah karena banyak orang yang ingin memulai mengalaminya. Sebab itu saya akan menjelaskan apa yang diperlukan dan tidak dalam postingan ini.

1. Tanamkan Sifat Seorang Programmer

Langkah awal sebelum lebih jauh belajar bahasa pemogramman saya ingin kamu yang membaca tulisan ini harus mempunyai sifat yang dimiliki oleh programmer kebanyakan. Jangan cepat putus asa salah satu sorotan terbaik yang dimiliki programmer, jangan kamu kira bahwa sekelas Mark Zuckerberg itu tidak pernah salah saat coding karena ketika salah berarti kamu sudah mencapai gerbang pembelajaran, dan hanya kunci untuk membuka gerbang itu yang kamu butuhkan lagi, caranya yaitu dengan menggunakan bantuan Google untuk memecahkan masalah yang ada.

Rasa ingin tahu yang tinggi akan sangat membantu bagi orang yang ingin belajar coding pemula, jangan sia - siakan waktu gunakan untuk membaca dan membaca.

Berpikir logis, komputer itu tidak pintar yang pintar adalah programmernya. Komputer membutuhkan perintah yang jelas dalam setiap kode, jika tidak jelas maka akan terjadi kebinggungan buat komputernya dan muncul pesan error.

Dalam kehidupan nyata konsep berpikir logis itu sederhana sekali, contoh "Logika mengendarai motor manual"
(1) Keluarkan motor dari garasi
(2) Naik keatas motor, posisikan stop kontak ke on, atur persneling ke N lalu tekan tombol starter motor
(3) Masukan perseneling satu dan gas secara perlahan.
(4) Diamkan 1 menit motor untuk memanaskan mesinnya.
(5) Selesai kamu sudah mengendarai motor mu.

Dari cara logika mengendarai motor diatas, diurutan keberapa yang tidak sesuai ?. Jika ada yang menjawab urutan ke 4 tidak sesuai maka selamat kamu sudah mempunyai cara berpikir seorang programmer. Andaikata logika mengendarai motor diatas adalah program komputer maka dia akan error ketika memasuki urutan ketiga karena ketidaksesuaian perintah.

Untuk meningkatkan cara berpikir logis seorang programmer kamu harus belajar perbanyak membaca mengenai "Logika Pemogramman Komputer", saya sangat menyarankan kamu mendownload aplikasi iPusnas dari Playstore, itu adalah aplikasi perpustakan nasional yang didalamnya banyak buku gratis, termasuk buku "Logika Pemogramman Komputer", coba kamu lihat di iPusnas di Playstore.

2. Bahasa Pemogramman Untuk Pemula

Awal masuk kedalam dunia coding saya pun binggung harus memilih yang mana, sampai saya pernah belajar basic java, c, c++, sangat kacau saat itu diumur masih 18 tahun hampir tidak ada tahu bahasa apa yang cocok untuk digunakan.

Hingga pada akhirnya saya memilih bahasa pemogramman PHP untuk dikuasai minimal sampai level intermediate. Alasan pertama saya ingin membuat aplikasi berbasis web dengan PHP, karena bahasa ini populer serta banyak komunitas yang akan membantu ketika saya suatu saat mentok menulis kode, kedua bahasa ini cukup ramah untuk pemula, tidak perlu deklarasi tipe data, dan tentu saja bisa diakses dari berbagai perangkat baik itu komputer atau pun smartphone.

Bagaimana dengan kamu apakah sudah mendapatkan gambaran tentang bahasa yang ingin kamu dalami ? Saran saya carilah bahasa pemogramman yang komunitas nya banyak, terutama yang didalamnya orang Indonesia. Tapi buat kamu yang belum tujuan bahasa pemogramman berikut adalah daftar  bahasa pemogramman yang ramah bagi pemula.

A. Python

Banyak sekali situs besar merekomendasikan bahasa pemogramman dari Python, alasannya memang masuk akal sekali karena sintak (penulisan perintah) dalam bahasa Python sangat mirip sekali dengan bahasa manusia (bahasa inggris). Jadi ini sangat ramah untuk pemula untuk mempelajari dasar seorang programmer.

Untuk bahasa Python dapat membuat berbagai macam jenis aplikasi juga kok baik itu untuk komputer, Android, website, perangkat pintar internet of thing dan game juga. Buat seorang pemula bisa belajar dari dasar melalui situs; learn Python, situs itu berbahasa inggris bisa gunakan Google translate untuk menerjemahkannya.

B. Java

Walau saya bukan suku Jawa tapi saya senang bahwa nama bahasa pemogramman ini diambil dari nama salah satu pulau di Indonesia. Benar sekali Java adalah bahasa kedua yang saya rekomendasikan untuk kamu, bahasa ini sekali tulis dapat di baca melalui berbagai platfrom.

Java memang lebih rumit dari pada Python tapi kalau sampai kamu berhasil menguasainya, kamu dengan mudahnya pindah ke bahasa pemogramman seperti C++. Bahasa pemogramman Java juga salah satu yang terpopuler didunia dan banyak sekali lowongan pekerjaan programmer untuk bahasa ini. Salah satu keunggulan Java adalah dia aman, banyak aplikasi perbankan menggunakan bahasa ini termasuk Bank BNI yang saya tahu.

Tertarik belajar ? kamu bisa belajar online mulai dari dasar melalui; www.javatpoint.com, situs tersebut  sangat lengkap dalam membahas pemogramman java.

C. PHP

Bahasa yang saya pelajari juga bisa kamu coba, karena bahasa PHP ini cukup mudah dipahami walau sintaks nya tidak seramah Python. PHP adalah bahasa pemogramman untuk website yang bekerja dibelakang website disisi server, saat kamu login atau mendaftar di Facebook maka yang bekerja mencocokan data username dan password Facebook milik kamu adalah bahasa PHP karena Facebook menggunakan bahasa PHP situsnya.

Untuk belajar bahasa PHP dari dasar bisa melalui situs: www.tutorialspoint.com, disana salah satu tempat saya belajar PHP hingga saat ini.

3. Cara Belajar Bahasa Pemogramman Untuk Pemula

Metode belajar bahasa pemogramman yang benar akan membuat kamu lebih cepat paham, oleh itu saya suruh kamu untuk pertama kali tadi harus belajar logika komputer karena bahasa apa pun itu logikanya tetap sama dan cara membaca bahasa pemogramman pun sama mulai dari atas ke bawah, jadi kalau kamu salah dibaris ke-10 misalnya program kamu akan berhenti membaca kode kamu sampai disitu.

Saat memulai bahasa pemogramman hal - hal yang penting dan harus kamu ingat itu hanya sedikit saja, kamu tidak perlu mengingat bagaimana sintak untuk ini dan itu karena akan membuat belajar kamu lambat, beberapa hal yang perlu diingat antaranya saja.

  • Aturan sintak bagaimana membuka program dan menutup.
  • Aturan penulisan variabel dan tipe data.
  • Fungsi IF
  • Fungsi Looping
  • Tipe Operator
Untuk yang lainnya kamu bisa gunakan Google untuk membantu kamu menyelesaikan masalah - masalah dalam program mu.

Selain itu saat memulai bahasa pemogramman setelah selesai membaca dasar, lanjutkan kamu memulai proyek kamu sendiri coba belajar membuat aplikasi sederhana seperti Kalkulator. Saat belajar kamu jangan asal copy saja dari website codenya, namun usahakan tulis sendiri dengan melihat contohnya dan coba kamu pahami perlahan bagaimana sih alurnya aplikasi sederhana Kalkulator ini.

Cara belajar sederhana seperti itu dapat meningkatkan skill kamu dan juga pemahaman mu tentang bagaimana sebuah program bekerja dibahasa tersebut.

4. Belajar dan Terus Belajar Dalam Menulis Code

Tips belajar coding untuk pemula jangan cepat menyerah dan menganggap bahwa pemogramman itu mustahil buat kamu pelajari. Belajar coding butuh waktu dan sama seperti pelajaran lainnya kamu harus belajar setiap hari agar otak kamu terbiasa dengan pemogramman dan yakin lah secara perlahan kamu akan memahami bagaimana cara menulis program tersebut.

Jika kamu mengalami kesalahan dan memang mentok sebaiknya mulai mencari di Google atau forum - forum luar yang membahas bahasa tersebut.

Kurang lebihnya seperti tips diataslah cara coding untuk pemula, dari pengalaman saya akan lebih cepat nangkapnya dan jangan menyerah jika salah, karena saat belajar berdiri pun kita beberapa kali jatuh tapi akhirnya sekarang kita bahkan bisa lari bukan berjalan lagi.
Kedy Reading, Writing, Coding, Playing Games !!!