Doa Pembacaan Alkitab Saat Ibadah atau Untuk Diri Sendiri

 Ada kalanya sahabat semua kalian disuruh untuk membacakan firman Tuhan baik itu saat ibadah gereja, persekutuan dirumah. Pada umumnya sebelum itu kita harus berdoa dahulu, dan dalam kesempatan ini saya akan berbagi mengenai doa pembacaan Alkitab buat sahabat yang ingin belajar.

Doa pembacaan Alkitab


Doa Pembacaan Alkitab yang sederhana ini adalah salah satu yang mudah untuk didoakan. Alkitab adalah Firman Allah yang diilhami, jadi adalah baik untuk berdoa meminta Roh Kudus menyertai kita saat kita membaca Alkitab.

Doa Pembacaan Firman Tuhan Memohon Bimbingan

Tuhan, Engkaulah yang menurunkan ilham dalam penulisan Alkitab ini untuk pembelajaran kami. Ajari aku hari ini dalam kuasa Roh Kudus-Mu, kebenaran-kebenaran yang Engkau ingin aku pelajari.

Tuhan, aku tahu bahwa manusia tidak akan hidup dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Tuhan. 

Aku berdoa Beri aku makan pada Firman-Mu, dan buatlah aku lapar akan Makna hidup yang turun dari surga, Roti Kehidupan surgawi dan Air yang benar dan hidup, Yang satu-satunya dapat membawa kami ke dalam warisan abadi kami. 

Semoga Roh Segala Kebenaran membuka pikiran saya hari ini ketika saya membaca dan mempelajari Firman-Mu. Semoga diri saya dituntun ke dalam segala kebenaran dan diajar apa kehendak Bapa dalam hidup saya. 

Dan beri saya hati yang rela dan kesempatan untuk berbagi dengan orang lain mutiara kebenaran yang akan Bapa ajarkan kepada saya hari ini.

Dalam nama Mu, AMIN.

Contoh Doa Pembacaan Alkitab Dalam Ibadah

Bapa Surgawi, pancarkan cahaya murni Firman kebenaran-Mu ke dalam hati kami hari ini dan buka mata pikiran kami untuk memahami inti kebenaran yang terkandung di dalam bagian Firman yang berharga ini.

Terima kasih atas Firman-Mu. Firman-Mu adalah kebenaran dan hidup dan kesehatan dan terang. Itu adalah makanan bagi jiwa kami dan penyegaran bagi roh kami, dan Tuhan, kami ingin mempelajari Firman-Mu melalui bimbingan Roh Kudus-Mu, sehingga kami bertumbuh dalam kasih karunia dan dewasa secara rohani dalam iman, sementara kami terus maju menuju tujuan panggilan tinggi kami, berjuang untuk memenangkan hadiah yang untuknya Allah telah memanggil kami ke surga dalam Kristus Yesus.

Saat kami mempelajari Sabda-Mu, kiranya nama-Mu ditinggikan dan ditinggikan, karena hanya Engkau yang layak dipuji dan disembah karena hanya Engkau yang kudus dan baik, pengasih dan penyayang. 

Bukalah mata kami untuk melihat kebenaran-Mu. Bukalah telinga kami untuk mendengar suara-Mu. Bukalah hati kami untuk menerima apa yang Engkau miliki bagi kami masing-masing, dan bukalah bibir kami untuk hanya mengucapkan apa yang memuliakan nama-Mu.
Dalam nama Yesus kami berdoa,

Amin.

Doa Untuk Pembacaan Firman Tuhan

Tuhan yang terkasih, terima kasih atas Firman-Mu yang tertulis dan kebenaran-kebenaran hebat yang dikandungnya. Kami berdoa agar dalam kuasa Roh Kudus-Mu, Engkau akan membuka hati dan pikiran kami terhadap kebenaran yang Engkau ingin kami lihat.

Persiapkan hati kami dan buka pikiran kami, kami berdoa, dan beri kami semangat yang dapat diajar yang menerima semua yang Engkau ingin kami pelajari hari ini. Buka telinga kami untuk mendengar suara-Mu berbicara kepada kami dan singkirkan prasangka apa pun yang mungkin telah kami kembangkan dalam bagian tulisan suci ini.

Bimbing kami ke dalam semua kebenaran dan cegah suara-suara internal kami sendiri dari berbicara tidak pada gilirannya atau menenggelamkan suara kecil yang tenang kepada Roh Kudus-Mu. Dan jika kami menyimpang dari kebenaran dari perikop ini, kami memohon agar kami tidak menyimpan kesalahan apa pun melainkan bahwa kami akan mengingat kebenaran. 

Semoga kami bertumbuh dalam kasih karunia dan dalam pengenalan akan Tuhan Yesus hari ini. Beri makan hati kami, dengan iman, dengan ucapan syukur kita berdoa. Dalam nama Yesus,

Amin.

Doa Pembacaan Alkitab Singkat

Tuhan, kami mohon agar Engkau mempersiapkan pendengaran kami saat kami mempelajari Firman-Mu.

Bukalah hati dan pikiran kami untuk misteri dan kebenaran yang tersembunyi di dalam halaman-halamannya, dan semoga kami menemukan kejelasan pemahaman di dalam Firman-Mu yang sampai sekarang tersembunyi dari kami.

Beri kami kesatuan roh dan keinginan untuk mempelajari kebenaran baru, saat kami membuka Firman-Mu. Semoga kami memiliki kemauan untuk belajar dari Guru Agung. 

Semoga Roh Kudus-Mu membimbing kami ke dalam seluruh kebenaran dan memperluas pemahaman kami tentang Sabda-Mu secara nyata dan hidup. Dalam nama Yesus,

Amin.

Jadi diatas adalah beberapa contoh doa pembacaan Alkitab yang bisa kamu pelajari dan silahkan tambahkan atau ubah sesuai dengan rangka ibadah kalian. Saya harap doa ini bermanfaat, dan membantu sahabat semua dalam lebih dalam mengenal Yesus melalui Alkitab yang telah diberikan kepada kita.
Kedy Reading makes you know, acting makes you do.