Masalah Ketenagakerjaan Di Indonesia

Indonesia dengan jumlah penduduk yang besar namun sangat minim akan lapangan pekerjaan yang ada, sehingga membuat kita susah beranjak dari status negara berkembang ini. Masyarakat masih banyak yang berada pada ekonomi menengah ke bawah, di sertai pengangguran yang semakin membludak tersebar hampir di seluruh provinsi di Indonesia.

Ilustrasi tenaga kerja

Beberapa Masalah Ketenagakerjaan Masyarakat Indonesia

Berikut ini adalah beberapa penyebab rendahnya kualitas ketenagakerjaan masyarakat Indonesia, yang membuat tingkat pengangguran tinggi di setiap daerah.

1. Pendidikan Masih Minim

Jujur pendidikan masyarakat Indonesia terbanyak untuk saat ini hanya sebatas tamat SLTA saja, saya sendiri pun merupakan tamatan SLTA saja. Jika berbicara lowongan sering kali untuk pendidikan SLTA ini sangat sedikit dan jika pun ada, seperti memberi satu ekor ayam ke sepuluh ekor buaya.

Pendidikan terakhir SLTA saja sangat sulit dalam mencari pekerjaan di Indonesia, apa lagi yang hanya lulusan SLTP atau pun hanya SD. Kadang jika ada lowongan CPNS dengan syarat minimal lulusan SLTA maka itu mereka yang lulusan S1 rela saja menggantung gelar mereka untuk ikut berebut pada lowongan yang di sediakan untuk SLTA, saya bicara seperti itu karena saya ada pengalaman ikut tes CPNS dua kali dan gagal, wong saingan pada lulusan S1 atau D3.

Oleh sebab itu yang sering menjadi kendala dalam bidang ketenagakerjaan Indonesia tentu adalah pendidikan minim yang membuat jarang di lirik perusahaan.

2. Ingin UMP besar

Upah besar tentu semua orang mau dengan itu namun jika Pemerintah telah menetapkan Upah Minimum Provinsi sebanyak sekian, maka sebaiknya kita tidak memprotes lagi. Alasan nya karena nanti perusahaan tidak akan kuat membayar gaji kita dan untuk menutupi hal tersebut dia pun tentu menaikkan harga barang atau jasa yang dia jual kepada masyarakat.

Masalah ketenagakerjaan Indonesia nomor dua adalah ingin upah besar tanpa memperhatikan kekuatan sebuah perusahaan.

3. Minimnya Keahlian Di Bidang Yang Di Butuhkan

Rata - rata para tenaga kerja Indonesia masih kurang dalam keahlian, itu yang menyebabkan banyak perusahaan mendatangkan tenaga kerja dari luar daerah, entah itu luar daerah provinsi atau luar negeri.

Menjadi perhatian bagi Dinas terkait untuk senantiasa menyediakan pelatihan gratis untuk mengurangi masalah ketenagakerjaan di Indonesia.

4. Kurangnya Lapangan Pekerjaan

Paling penting tentu harus ada lapangan pekerjaan jika ingin mengatasi masalah ketenagakerjaan di Indonesia, karena kurang nya investor makanya lapangan pekerjaan pun menjadi sangat sulit untuk tenaga kerja dari Indonesia.

Pemerintah bisa membantu para investor agar mau membangun usahanya di daerah Indonesia, karena masalah utama ketenagakerjaan adalah ini kurang nya lapangan pekerjaan.

Itu lah beberapa masalah dalam bidang ketenagakerjaan masyarakat Indonesia, semoga bisa di baca oleh para pejabat atau pemerintah untuk membantu dalam mengatasi masalah ketenagakerjaan ini.
Kedy INTJ Personality | Tidak ada keberhasilan tanpa kegagalan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel