Cara Membuat Blog dan Menghasilkan Uang

Membuat Blog tentu adalah sebuah ide yang bagus untuk kamu mendapatkan penghasilan tambahan bahkan bisa kamu jadikan sebagai mata pencarian utama kamu jika kamu sudah sangat sukses dalam mengelola Blog kamu.

Sebuah Blog mungkin jarang di lirik oleh anak - anak sekolah atau mahasiswa karena memang sedikit media yang meliput daftar orang - orang yang sukses di dunia Blogging. Berbeda dengan Youtube ada banyak orang - orang sukses disana yang di liput oleh media seperti Atta Halilintar, padahal sebenarnya menjadi Blogger juga sangat menjanjikan, jika kamu memaksa siapa orang yang sukses di dunia Blogging salah satunya adalah Raditya Dika dan Christian Sugiono mereka adalah contoh yang bisa kamu jadikan teladan.

Baik kita berbicara mengenai membuat sebuah Blog, disini saya akan mengajak kamu membuat sebuah Blog gratis menggunakan layanan dari Google yaitu Blogger.

Sebenarnya ada banyak sekali tempat membuat Blog secara gratis, namun saya sangat merekomendasikan Blogger karena disini kamu 100% gratis dalam membuatnya, tampilan sangat sederhana sehingga sangat mudah di mengerti oleh pengguna Blog yang masih baru atau pemula. Jika nanti kamu sudah sangat familiar dengan dunia Blogging maka kamu bisa memindahkan situs kamu dari Blogger ke Wordpress.org agar kamu bisa mengembangkan Blog kamu lebih baik lagi.

Membuat Blog Gratis Di Blogger

Saya sudah memutuskan untuk memilih Blogger sebagai sarana belajar membuat Blog untuk pemula, maka saya akan memaparkan cara membuat blog ini dengan detail, untuk pertama kamu harus memiliki sebuah akun Google, jika kamu belum mempunyai akun Google maka baca postingan saya tentang cara membuat akun Google.

Masuk ke situs Blogger.com dan klik pada tulisan Masuk, kemudian kamu log in menggunakan akun Google yang telah kamu punya.

Cara membuat blog 01

Masukan nama Profil kamu di Blogger, nanti nama kamu akan menjadi nama penulis di Blog kamu dan setelah itu kamu klik pada Lanjutkan ke Blogger.

cara membuat blog 02

Baik kamu sudah memasukan nama profil kamu di Blogger, sekarang mari kita mulai membuat sebuah Blog untuk kamu.

cara membuat blog 03

Sekarang kamu sedang di dalam menu pembuatan Blog di situs Blogger, disana ada Judul, Alamat dan Tema. Saya akan jelaskan lebih mendetail apa saja itu.
  • Judul
Judul ada sebuah nama yang akan tampil pada halaman blog kamu, coba kamu lihat situs ini namanya UNRANG nah judul waktu saya membuat situs ini saya berikan judul UNRANG.
  • Alamat
Ini adalah alamat untuk orang bisa masuk ke dalam situs kamu, di dalam kamu membuat sebuah alamat hendaknya kamu membuat alamat yang hampir sama dengan nama situs kamu. Seperti situs Facebook maka alamatnya adalah Facebook.com, namun kamu disini tidak menggunakan .com namun kamu akan memiliki alamat namasituskamu.blogspot.com, situs saya ini dahulunya alamatnya adalah unrang.blogspot.com kenapa bisa menjadi unrang.com karena saya membeli alamat .com tapi kalau .blogspot.com itu gratis kamu tidak perlu bayar.
  • Tema
Sama halnya dengan tema di smartphone kamu, tema disini adalah tampilan halaman situs kamu pada nantinya. Seperti kamu melihat situs unrang.com ini saya menggunakan tema yang bernama viomags. Saya akan berbagi banyak mengenai masalah tema ini nanti, kita akan berfokus pada cara membuat blog saja dahulu. Kamu klik pada salah satu tema yang kamu suka lalu setelah itu klik pada Buat Blog!

cara membuat blog 04

Selamat kamu sudah sukses membuat Blog pertama kamu, jika ada tampilan Google Domain kamu klik lain kali saja dahulu, karena ini adalah tawaran untuk membeli alamat.

Membuat blog 06

Kamu sekarang sudah mempunyai sebuah Blog, maka mari kita buat postingan pertama kamu.

cara membuat blog 6

Sekarang kamu berada di dalam menu pembuatan postingan pertama kamu, mari kita mengenal apa saja guna menu yang ada di sini.


1. Judul Potingan

Ini adalah tempat kamu memasukan judul dari potingan kamu dan dapat di lihat orang saat mereka menelusuri Google. Postingan yang sedang kamu baca ini saya beri judul postingan Cara membuat Blog dan Menghasilkan Uang.

2. Papan Kontrol Postingan

Kedua ini adalah tempat kamu mengontrol isi dari postingan kamu, misalkan kamu ingin tulisan blog kamu menjadi hitam maka kamu bisa klik B yang berarti Bold atau tebal dan jika kamu mau menyisipkan sebuah gambar ke dalam postingan kamu maka bisa kamu klik gambar foto, dan masih banyak lagi yang bisa kamu pelajari pelan - pelan apa saja gunanya dari masing masing fitur di atas.

3. Tempat Membuat Postingan Blog

Halaman ketiga adalah tempat dimana kamu bisa menulis isi dari postingan yang ingin kamu tulis, kamu bisa membuat teks, gambar atau video di dalam sini.

4. Setelan Postingan

Di halaman keempat ini adalah tempat kamu menambahkan label blog kamu, mengatur deskripsi pencarian dan lainnya. Namun saya untuk kamu yang baru pertama kali, mari kita pelajari bagian label saja.

Label adalah tempat kamu mengelompokkan tulisan kamu, misalkan kamu menulis tentang memancing di blog kamu, ada banyak kumpulan tentang tips memancing di blog kamu dan ada juga postingan mengenai berburu. Maka kamu bisa membuat Label dengan nama Memancing untuk postingan kamu yang berkaitan dengan Memancing dan membuat Label dengan nama Berburu untuk postingan kamu yang membahas soal Berburu.

Coba kamu klik menu di situs saya ini dan cari Blogging maka kamu akan mendapatkan semua postingan saya yang berkaitan dengan dunia Blog itu semua karena label postingan yang membahas dunia Blog saya berikan label Blogging.

5. Opsi Untuk Menerbitkan Postingan

Kelima ini adalah tempat kamu menerbitkan postingan yang sudah kamu tulis, namun jika postingan kamu belum selesai maka bisa kamu klik Simpan baru setelah itu Tutup. Bila artikel kamu sudah siap di tayang kan maka kamu klik saja langsung pada Publikasikan.

Kamu sudah sukses membuat Blog pertama kamu dan sukses membuat postingan Blog pertama kamu, jika kamu ingin situs kamu di lihat orang maka kamu bisa bagikan Alamat Blog kamu tadi ke situs jejaring sosial kamu dan jika Blog kamu sudah berumur lebih dua minggu dan postingan telah banyak maka nanti otomatis nanti pengunjung datang dari Google.

Cara membuat blog 08


Menghasilkan Uang Dari Blog

Saya tahu pasti kamu sudah menunggu saya membahas bagaimana caranya sebuah Blog bisa memberikan kita uang. Baik mari kita pelajari pelan - pelan dan kamu harus bersabar ya.

Sebuah Blog bisa menghasilkan uang bisa dari menampilkan iklan di blog kita, sama halnya seperti di Youtube bisa menghasilkan uang jika ada iklan yang di tayang kan di situs kita. 

Jika situs kamu yang kamu buat sudah mempunyai banyak postingan bermanfaat bagi banyak orang, maka kamu bisa bermitra dengan Google Adsense, Google Adsense adalah sebuah tempat dimana kamu bisa mendaftarkan diri sebagai pihak penerbit iklan dari mereka dan kamu akan di bayar jika iklan yang tampil di situs kamu ada pengunjung yang melakukan klik pada iklan yang tayang di situs kamu.

iklan adsense pada blog

Apakah hanya dengan menampilkan iklan Adsense saja saya bisa mendapatkan uang dari Blog ? Tentu jawaban nya tidak, karena ada banyak cara menghasilkan uang dari Blog diantaranya.

1. Program Affiliasi

Affiliasi adalah sebuah salah satu cara mendapatkan uang dari Blog yang kamu bangun. Kamu harus bisa menjual barang atau jasa dari seseorang melalui Blog kamu maka nantinya kamu akan mendapatkan bayaran ketika kamu sukses menawarkan produk barang/jasa tersebut. Contoh program Affiliasi dari Jd.id.

2. Menampilkan Iklan Secara Mandiri

Mendapatkan uang yang satu ini juga cukup menjanjikan, syaratnya kamu harus mempunyai pengunjung yang banyak dari Google ke Blog kamu, lalu kamu menawarkan ke orang lain agar mereka mau memasang kan iklan produk/jasa dari mereka di Blog yang kamu punya. Terserah kamu membuat harga sewa iklan yang mereka tampilkan di situs kamu, biasanya iklan mandiri sewanya di patok per bulan. Misalkan di situs Unrang ini saya mau memasang iklan di bawah About me dengan tarif 300 ribu per bulan dan jika mereka tidak membayar pada bulan depan maka iklan mereka saya hapus dari situs saya.

3. Menjual Barang Atau Jasa

Banyak situs besar di luar sana tidak menggunakan iklan sebagai pendapatan dari situs mereka, mereka menghasilkan uang dari Blog dengan cara menjual barang/jasa yang mereka buat sendiri. Misalkan kamu membuat sebuah Ebook (Buku yang berbentuk file PDF) yang berisi Novel karya kamu sendiri atau kamu bisa membuat sebuah anyaman dari rotan dan kamu pasarkan sendiri melalui Blog yang kamu buat tentu bisa juga.

Dan ada banyak lagi cara menghasilkan uang dari Blog lainnya, akan tetapi tetap yang di atas adalah cara menghasilkan uang dari Blog yang saya rekomendasi kan untuk kamu karena lebih menguntungkan.

Apakah Blog Bisa Membuat Kaya

Terakhir saya akan membahas mengenai masa depan berbisnis dengan Blog ini, jika berbicara bisa kaya atau tidak itu tergantung kepada pribadi yang mempunyai Blog itu sendiri. Kalau kamu menuliskan Blog kamu minimal satu kali sehari, rajin mengelola Blog kamu maka kemungkinan kamu bisa kaya tentu ada.

Saya mengenal dunia Blog semenjak saya kelas 10 dan sampai sekarang saya masih mengelola Blog, apakah saya orang kaya ? Tentu tidak ! karena saya tidak fokus dan penghasilan saya selama memblog hanya sekitar 3 juta lebih sedikit lah, dari iklan mandiri dan jasa menulis Blog.

Kesalahan terbesar saya karena saya sering malas menulis Blog, kadang saya pun sibuk bekerja di dunia nyata saat ini. Berikut saya berikan penghasilan saya selama 5 bulan di Google Adsense.

Adsense

Selama lima bulan saya cuma mendapatkan uang sebesar itu, karena saya kemarin bekerja di perusahaan jadi Blog saya yang ada iklan terbengkalai tidak pernah saya buka. Coba bayangkan kalau kamu rajin memposting dan mengelola Blog saya mungkin akan lebih dari itu.

Jadi pada intinya semua usaha tidak akan mengkhianati hasil, kamu menanam jagung saja kalau tidak di urus nanti malah jagung kamu kurus kalau terlalu banyak rumput. Kalau kamu bisa konsisten maka bisa menikmati uang setiap bulan dari Blog tentu bukan mustahil.

Pelajaran kedua mempercantik Blogger dengan mengganti template di Blogger.
Kedy Pribadi yang sederhana. Bekerja apa saja yang penting itu diberkati Tuhan. Aktif menulis di situs Agribisnis dan Kerohanian. Menulis tidak membuat saya kaya, namun membantu orang lain lewat tulisan adalah sebuah keistimewaan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel