Tips Agar Bisa Menjawab Soal Tes CPNS 2019

CPNS 2019 ini saya baca dari media masa akan di mulai pada bulan Oktober tahun ini, tepatnya pada saat pelantikan semua pejabat negara telah di lantik yang menang kemarin.

Buat kamu semua yang tidak sabar ingin mengikuti tes CPNS 2019 ini sebaiknya mulai sekarang menyiapkan semua modal untuk menghadapi soal - soal yang akan di hadapi pada tahapan seleksi CPNS tahun ini.

Saya sebagai orang yang telah pernah ikut hiruk pikuk nya pendaftaran CPNS tahun 2017dan tahun 2019, saya sangat bersemangat untuk memberikan beberapa tips untuk kamu agar sekiranya bisa menolong kamu nantinya dalam menghadapi soal - soal tes CPNS 2019.

Persiapan Menghadapi Tes CPNS 2019

Dulu saya sudah pernah membuat postingan mengenai gagal nya saya dalam mengikuti tes CPNS sebanyak dua kali, saya sudah cukup memakan pahit nya tes CPNS, jadi saya akan berbagai macam tips untuk kamu yang ingin lolos tes CPNS 2019 ini, tips ini saya dapatkan dari teman seperjuangan saya yang telah berhasil menjadi PNS saat ini di Kemenkumham Kalimantan Tengah.

Belajar dan Berlatih Menjawab Soal Di Simulasi Tes CPNS

Tes CPNS 2019 ini kan rencananya saya dengar pada bulan Oktober ini, oleh sebab itu bagi kamu yang ingin mengikuti seleksi CPNS 2019 ini dari saat awal bulan Oktober ini seharusnya sudah mulai belajar untuk menyiapkan diri nantinya dari pada belajar sistem kebut semalam kan tidak akan mampu.

Yang perlu kamu pelajari untuk mengikuti tes CPNS 2019 ini di antaranya.

Tes Wawasan Kebangsaan

Sebagai calon aparatur negara maka tes Wawasan Kebangsaan tidak akan pernah hilang dari soal yang akan di berikan kepada CPNS, oleh sebab itu mulai lah belajar mengenai Wawasan Kebangsaan. Wawasan kebangsaan akan membahas mengenai ;
  1. Nasionalisme
  2. Integritas
  3. Bela Negara
  4. Pilar Negara
  5. Bahasa Indonesia
  6. Pancasila
  7. Undang - Undang Dasar 1945
  8. Bhinneka Tunggal Ika
Delapan pokok dari Wawasan Kebangsaan di atas harus rajin kamu baca serta pelajari, karena biasanya nilai dari Wawasan Kebangsaan di patok lumayan besar jadi kamu harus hati - hati dalam menjawabnya.

Tes Intelegen Umum

CPNS tahun 2019 ini pula tentu tidak akan lepas dari Tes Intelegen Umum biasa di sebut TIU. Adalah sebuah tes melihat kemampuan kamu dalam mengatasi berbagai macam masalah yang pada nantinya akan sangat penting saat kamu menjadi seorang Pegawai, tes ini lebih banyak menggunakan nalar menurut saya karena tidak ada buku yang bisa menjelaskan secara pasti berbeda Tes Wawasan Kebangsaan yang bisa kamu pelajari melalui dasar - dasar negara.

TIU yang di uji biasanya untuk melihat kemampuan.
  1. Kemampuan berpikir analitis
  2. Kemampuan berpikir logis
  3. Kemampuan numerik
  4. Kemampuan verbal
  5. Kemampuan figural

Tes Karakteristik Pribadi

Tes Karakteristik Pribadi atau TKP ini tentu sangat berguna untuk mendapatkan pegawai negeri yang berkualitas bukan hanya pintar, cerdas namun juga peduli dengan masyarakat umum. Oleh sebab itu diadakan lah TKP ini.

Apa saja yang akan di uji pada Tes Karakteristik Pribadi adalah.
  1. Pelayanan Publik kepada masyarakat luas.
  2. Sosial dan Budaya.
  3. Teknologi dan Informasi.
  4. Kemampuan beradaptasi
  5. Kreativitas dan juga Inovasi.
  6. Kemampuan Bekerja Kelompok.
  7. Kemampuan bekerja perorangan.
  8. Kemampuan memimpin orang lain.
  9. Profesionalisme.
Nah ketiga pokok di atas haruslah kamu pelajari mulai saat ini, bisa dengan membeli buku untuk tes CPNS atau kamu bisa belajar mandiri melalui internet.

Agar kemampuan kamu bisa terasah dengan baik, kamu juga saya sarankan untuk mencoba mencari aplikasi atau PDF simulasi tes CPNS. Jika kamu membeli buku biasanya ada kaset yang di berikan gratis oleh penerbit untuk kamu bisa mencoba simulasi tes CPNS.

Tips Saat Menjawab Ujian Tes CPNS 2019

Jika kamu sudah lolos tes berkas dan sedang belajar untuk menghadapi tes CPNS yang akan di lakukan, saya mempunyai tips untuk kamu agar kamu bisa menjawab soal di saat tes CPNS.

Dalam menjawab satu soal maka kamu harus bisa menjawabnya kurang lebih satu menit saja waktunya, jika kamu lambat maka soal - soal yang lain akan tidak terjawab. Oleh sebab itu saran saya usahakan kamu menjawab soal yang mudah dahulu dan jangan terfokus dengan soal yang sulit, karena itu akan membuat banyak waktu terbuang sia - sia.

Itu lah beberapa tips untuk persiapan kamu dalam menghadapi tes CPNS 2019, selain belajar usahakan kamu mengikuti saran saya menjawab yang mudah terlebih dahulu karena dari pengalaman saya tahun 2017 gagal karena banyak yang tidak sempat saya jawab, padahal soal itu mudah dan menjadi penyesalan tentunya untuk saya pribadi.

Jangan lupa pula untuk selalu berdoa agar selalu di mudah kan dalam segala urusan, Amin..


Kedy Pribadi yang sederhana. Bekerja apa saja yang penting itu diberkati Tuhan. Aktif menulis di situs Agribisnis dan Kerohanian. Menulis tidak membuat saya kaya, namun membantu orang lain lewat tulisan adalah sebuah keistimewaan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel