Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Microsoft Word

Daftar isi merupakan bagian judul dan sub judul dari dalam sebuah buku, proposal, karya ilmiah, dan lain sebagainya.

Membuat daftar isi memudahkan pembaca melihat pokok bahasan dan jalurnya buku yang ditulis, tanpa adanya itu buku yang ditulis terlihat sama sekali tidak professional dan asal-asalan. Jadi sudah pasti penting sekali ya untuk belajar membuat daftar isi yang baik dan benar, siapa tahu dilain waktu kamu disuruh membuat proposal untuk RT kalian.

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis

Saya menggunakan Microsoft Word dalam tutorial ini, tapi tenang jika kalian menggunakan versi yang lebih baru atau lama tidak ada bedanya juga. Berikut ini adalah contoh pembuatan daftar isi otomatis yang rapi :

1. Buat file microsoft word kosong kamu, selanjutnya pilih menu "References" dan pilih submenu "Table of contents", pastikan bahwa kamu memilih table of contents yang automatic table terserah mau yang table 1 atau table 2.

Membuat daftar isi otomatis

2. Jika sudah dipilih secara default kamu akan melihat daftar isi yang kosong dengan tulisan "Contents" lalu dibawahnya "no table of contents entries found" atau dalam bahasa Indonesia tidak ada entry daftar isi yang ditemukan. Untuk tulisan yang "Contents" itu sebenarnya bisa kalian ubah, misalkan jadi daftar isi, tinggal di klik dan hapus tulisan sebelumnya.
Merubah tulisan contents


3. Buka menu "Insert" lalu pilih submenu "Blank Page" tekan sebanyak tiga kali untuk menambahkan tiga halaman kosong baru yang akan kita buat judulnya. Sekarang ada empat lembaran di micorosft word mu, pertama untuk daftar isi, dan tiga masih kosong.

Agar kamu bisa melihat keempat halamanya, silahkan zoom in file microsoft word kamu, geser tanda ke sebelah kiri untuk memperkecil tampilannya.
Buat halaman baru microsoft word


4. Agar lebih mudah dicari tentu setiap halaman perlu diberikan nomor, nah sebelum membuat nama daftar isi sebaiknya kita buat nomor dahulu setiap halaman tadi, tenang caranya otomatis. Klik menu "Insert" lalu submenu "Page Number", dan pilih gaya penomoran sesuai keinginan kamu, dalam hal ini saya memilih "Accent bar 1" setelah diklik otomatis semua nomor halaman muncul, untuk menyelesaikannya klik "Close Header and Footer".
Membuat nomor halaman otomatis

5. Sekarang kita buat nama untuk setiap lembar file word kita tadi, tapi jangan menggunakan tulisan biasa untuk judul ini tapi gunakan "Style" untuk memunculkannya coba tekan bersamaan (Alt + Ctrl + Shift + S), setelah muncul menu stylenya kamu pilih style "Heading 1" lalu tuliskan judul untuk halaman tersebut misalkan disini saya buat kata pengantar.
Membuat judul halaman yang benar


6. Untuk mencoba apakah halaman kata pengantar ini tampil otomatis dibagian daftar isi halaman yang kita buat sebelumnya, silahkan kamu masuk ke halaman daftar isi tadi lalu klik pada "Update Table" dan otomatis muncul daftar isi pertama yang dibuat.
Menampilkan daftar isi secara otomatis

7. Tampaknya ini semua berhasil untuk yang pertama, tapi mari kita coba buat menu yang lebih kompleks lagi dengan sub judul dibawahnya. Jadi saya ingin membuat judul halaman penelitian sekolah, dan sub judul sekolah di jawa timur, dan sub judul kedua sekolah di surabaya. Saya mengurutkannya dari Heading 1 sampai Heading 3.
Membuat judul dan subjudul

8. Agar hasilnya tampil di daftar isi maka klik update table kembali dan pilih "Update entire table", dan lihatlah daftar isinya menjadi sangat rapi.
Update isi table baru


Mudah sekali jika kamu ingin melakukannya sendiri dirumah saya yakin tentu saja bisa, tidak perlu lagi bikin manual yang melelahkan tangan. Jika kamu sudah terlanjur menulis banyak dan ingin membuat daftar isi otomatis seperti ini, kamu hanya perlu merubah judul dan subjudul setiap tulisan kamu.

Saya akan segera merilis video youtube mengenai cara membuat daftar isi otomatis ini, mungkin ada yang lambat paham jika hanya membaca seperti ini. Jadi jangan lupa untuk lihat situs ini setiap hari ya. Kalau tulisan ini bermanfaat jangan lupa untuk share keteman - teman kamu di media sosial.

Tonton tutorial ini dalam bentuk video: membuat daftar isi otomatis itu mudah

Kedy Reading, Writing, Coding, Playing Games !!!