Cara Membuat Tabel di Word Dengan Mudah dan Rapi

 Dalam menyajikan data yang rapi dan tersusun kamu tentu saja harus membuat tabel informasi, ini berguna sekali untuk kamu yang ingin bekerja di perkantoran dan tahap awal semasa mengenyam pendidikan pun terkadang kamu harus membuat tabel saat membuat laporan untuk dosen/guru sekolah mu.

Cara membuat tabel kali ini menggunakan Microsoft Word, walau sebenarnya word di khususkan untuk membuat dokumen berupa surat, makalah, atau lainnya, tapi terkadang sebuah tabel dibutuhkan untuk menyajikan informasi pendek namun rapi serta terstruktur, jadi mari kita belajar caranya.

Cara Membuat Tabel di Word yang Rapi

Dalam tutorial ini saya menggunakan versi microsoft word tahun 2010, tapi tenang saja tidak ada beda nya jika kamu menggunakan versi lebih baru atau lama.

1. Buat Dokumen Baru

Buka aplikasi Word milik mu, lalu buat dokumen kosong baru.

2. Membuat Tabel Baru

Buatlah sebuah tabel baru, klik pada tabs Insert lalu klik pada Table, lalu tentukan berapa jumlah kolom dan baris yang kamu inginkan. Disini saya memasukan kolom 4, baris 3. Lebih jelas bisa lihat gambar.
membuat tabel

3. Mengatur Ukuran Tabel Word

Tabel yang dibuat akan otomatis mempunyai ukuran yang sama rata antara kolom serta barisnya, untuk mengatur lebar kolom, baris, arahkan kursor kamu ke kolom/baris yang ingin diubah lebarnya sampai muncul tanda panah.

Jika tanda panah sudah muncul lanjutkan dengan klik, lalu tahan, geser ke kiri atau kanan untuk melebarkan atau mengecilkan kolom. Untuk mengecilkan atau membesarkan ukuran baris, arahkan kursor mouse ke baris tersebut, dan sama klik, tahan, geser keatas atau kebawah untuk mengaturnya.
Mengatur ukuran kolom atau baris di word

4. Mengatur Posisi Tulisan di Dalam Tabel Word

Tampak dalam tabel diatas baris pertama berisi nomor, nama, jenis kelamin, dan email posisinya tidak rata ke tengah baris. Untuk membuatnya rapi kamu perlu mengklik tabs Layout lalu pilih Alignment terserah kamu mau pilih gaya tulisan yang seperti apa.

Pada baris kedua tabel ini saya sudah memasukan data yang sesuai, dengan posisi tulisannya Align Center dan hasilnya seperti gambar dibawah.
Mengatur posisi tulisan dalam tabel

5. Menambah Kolom Serta Baris Pada Tabel

Beberapa kasus kita harus menambahkan kolom/baris didalam tabel, beginilah caranya sangat mudah.
Masuk ke tab Insert lalu pilih Table lanjut masukan berapa kolom dan baris yang ingin ditambah.
menambah tabel word

6. Menghapus Kolom atau Baris Tabel

Selain menambahkan tentu adakalanya kamu perlu menghapus kolom dan baris yang berlebih, agar terlihat lebih rapi tabel mu. Untuk caranya sangat mudah masuk ke tabs Layout >> selanjutnya blok bagian yang ingin di hapus>>pilih Delete Table untuk menghapus baris serta kolom yang sudah diblok.
Menghapus kolom atau baris

Andaikata kamu ingin menghapus kolom atau barisnya saja maka ada pilihan Delete Colomns untuk kolomnya saja yang terhapus, dan Delete Rows hapus barisnya saja.

7. Mengatur Ulang Jumlah Kolom atau Baris

Mengatur ulang jumlah kolom atau baris didalam tabel yang sudah dibuat tentu akan sangat meringankan beban kerja kita dari pada harus membuat tabel dari awal. Cara mengatur ulangnya sangat mudah, masuk ke tabs Layout>>klik mouse kamu pada tabel lalu pilih Insert Left/Insert Right untuk memasukan kolom baru disebelah kolom sebelumnya atau Insert Above/Insert Below untuk memasukan baris baru keatas atau kebawah.

Dalam contoh ini saya akan memasukan kolom baru disebelah kolom jenis kelamin, saya menggunakan Insert Right.
Mengatur ulang tabel di word

Demikian lah tutorial dasar untuk membuat tabel di Microsoft Word yang rapi dan cepat pastinya saya ajarkan pada kamu semuanya, saya juga telah membuat tutorial ini dalam bentuk video di channel Using Mintem.


Kedy Reading, Writing, Coding, Playing Games !!!