Layu Fusarium Pada Tanaman Cabe

Layu fusarium adalah jenis penyakit cabe yang disebabkan oleh jamur Fusarium oxysporum var. vasinfectum Snyder & Hausen.

Jamur penyebab penyakit ini memiliki tiga alat untuk reproduksi, koinidia (satu sel), makro konidia (26-6 septa) dan klamidospora (pembengkakan hifa).
Suhu yang optimal bagi perkembangan patogen ini berkisar di antara 24 – 27 derajat celcius. Pada suhu 17 derajat celcius atau 37 derajat celcius, pertumubuhan jamur ini hampir berhenti. Oleh sebab itu tanaman cabe pada dataran yang rendah lebih banyak terserang penyakit ini.

Inokulum dapat tersebar lewat aliran air atau tiupan angin, yang membawa tanah sudah terkontaminasi jamur penyebab penyakit ini.
layu fusarium penyakit tanaman cabe


Gejala Serangan Penyakit

Gejala serangan terlihat pada batang bagian bawah, yang terdekat dengan permukaan tanah akan terlihat membusuk dan berwarna cokelat di area tersebut.

Infeksi tersebut akan menjalar ke perakaran tanaman cabe dan akar akan mengalami pembusukan serta basah. Apa bila kelembapan tanag cukup tinggi maka bagian leher batang yang semulanya busuk menjadi kering berubah warna menjadi putih keabu – abuan, terbentuk karena sporangia.

Pada tanaman bagian atas gejala bisa terlihat terjadinya kelayuan daun – daun bagian bawah, menjalar ke atas ke ranting – ranting muda yang juga layu dan kemudian mati dengan warna cokelat. Tanaman selain cabe yang menjadi inang dari jamur penyebab penyakit ini adalah kacang panjang, mentimun dan bawang merah.

Hama dan Penyakit pada tanaman cabe lainnya:

Pengendalian Layu Fusarium Pada Tanaman Cabe

Pengendalian terpadu yang dapat di lakukan adalah sebagai berikut:
  1. Menanam tanaman pada tanah yang gembur, agar mengurangi kelembapan tanah untuk tanaman cabe.
  2. Pengolahan tanah yang baik dengan cara membolak – balikkan tanah, kemudian di tutup dengan plastik putih selama 2 sampai 3 hari. Suhu tanah akan meningkat hingga 70 derajat celcius akibat di tutup oleh plastik dan mampu mengurangi sumber inokulum.
  3. Memperbaiki tata air dan drainase tanah untuk mengurangi perkembangan penyakit.
  4. Pergiliran tanaman cabe dengan tanaman yang bukan inang dari jamur ini dan juga memusnahkan gulma yang ada di area lahan.

Demikian lah cara pengendalian layu fusarium pada tanaman cabe, semoga bermanfaat dalam budidaya cabe yang kamu lakukan.
Kedy INTJ Personality | Tidak ada keberhasilan tanpa kegagalan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel