Hama Nematoda Puru Akar Pada Tanaman Cabe

Nematoda Puru Akar adalah salah satu jenis hama yang tidak dapat dilihat secara langsung, ukurannya adalah 100 – 3000 mikron. Membuatnya hanya dapat dilihat menggunakan mikroskop.

Siklus hidup hama ini dari telur sampai kembali menjadi telur adalah sekitar 3 sampai 4 minggu. Nematoda betina sangat produktif, setelah dia kawin dengan nematoda pejantan dengan cara parthenogenesis atau memproduksi spermanya sendiri.
nematoda puru akar

Gejala Serangan Nematoda

Gejala serangan dari hama nematoda adalah pertumbuhan tanaman terhambat, daun menguning, tanaman menjadi layu dan ujung pada tanaman menjadi mati.

Tanaman cabe yang terkena serangan berat akan mengalami pembengkakkan di bagian akar, mirip seperti bisul yang di dalamnya ada nematoda betina.

Hama dan Penyakit pada tanaman cabe lainnya:

Pengendalian Nematoda Puru Akar

Ada tiga cara dalam pengendalian hama yang satu ini, bisa dengan cara manual, teknis dan menggunakan bahan kimia.

  • Pengendalian secara teknis dapat dilakukan pencabutan terhadap tanaman yang terinfeksi, kemudian bakar tanaman tersebut di luar kebun.
  • Secara kultur teknis melakukan rotasi tanaman cabe, dengan tanaman yang bukan inang dari hama nematoda.
  • Secara kimiawi dapat dengan cara menaburkan nematisida pada saat pemindahan bibit ke lapangan, bisa menggunakan nematisida Furadan, Curater atau Petrofur.

Demikian penjelasan mengenai hama nematoda puru akar yang sering menyerang tanaman cabe, semoga dapat membantu kamu dalam budidaya cabe.
Kedy Pribadi yang sederhana. Bekerja apa saja yang penting itu diberkati Tuhan. Aktif menulis di situs Agribisnis dan Kerohanian. Menulis tidak membuat saya kaya, namun membantu orang lain lewat tulisan adalah sebuah keistimewaan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel